Jangan mager, ayo bergerak! Olahraga 10 menit saja setiap hari dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Studi terbaru menunjukkan berolahraga 10 menit setiap hari pada orang yang berusia 40 tahun ke atas dapat mencegah kematian.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal JAMA Internal Medicine ini mendapati bahwa menambahkan 10 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga berat dapat mencegah lebih dari 110 ribu kematian di Amerika Serikat setiap tahun. Berolahraga 20 atau 30 menit setiap hari juga akan menyelamatkan lebih banyak jiwa.

“Kami tahu olahraga baik. Studi ini memberikan bukti tambahan tentang manfaat di tingkat populasi: jika semua orang dewasa (di atas usia 40) berolahraga sedikit lebih banyak setiap hari, sejumlah besar kematian dapat dicegah setiap tahun,” kata peneliti Pedro Saint-Maurice kepada CNN.

Hasil studi ini didapat setelah peneliti menganalisis data Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nazional AS pada 2003-2006. Peneliti melihat tingkat aktivitas fisik pada 5.000 orang berusia 40 hingga 85 tahun dan melacak kematian hingga akhir 2015.

Peneliti pun menyarankan agar setiap orang dapat melakukan berolahraga 10 menit atau lebih setiap hari.

“Kita bisa lebih sehat dengan mendorong semua orang untuk menambah aktivitas 10 menit atau lebih setiap hari,” kata Saint-Maurice

Lantas, bagaimana cara berolahraga 10 menit setiap hari?

Berolahraga 10 menit setiap hari tak harus ke gym. Berjalan kaki di sekitar rumah juga sudah tergolong sebagai aktivitas fisik dengan intensitas sedang.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan yoga sederhana selama 10 menit. Jika ingin yang lebih santai, Anda bisa memutar musik dan mengajak seluruh anggota keluarga menari bersama.

Pilih olahraga atau aktivitas fisik yang Anda sukai dan lakukan secara konsisten setiap hari. Selain berolahraga, terapkan pula gaya hidup sehat seperti makan dengan gizi seimbang, tidur yang cukup, dan kelola stres.

Editor: HER
Sumber: cnnindonesia