Umur yang panjang dapat diperoleh dengan pola hidup sehat. Kamu juga bisa secara rutin mengonsumsi makanan ini karena di dalamnya mengandung nutrisi penting.
Manusia dengan umur yang panjang dapat ditemui di berbagai belahan dunia. Biasanya umur mereka menginjak 100 tahun atau bahkan lebih. Salah satu kunci untuk mendapatkan umur panjang dengan menjalani pola hidup sehat.

Tentunya, makanan yang sehat bernutrisi tinggi harus dikonsumsi secara rutin. Seperti makanan yang mengandung vitamin, mineral, serat, hingga zat antioksidan yang tinggi.

Makanan terbaik agar bisa memiliki umur panjang hingga 100 tahun adalah kacang-kacangan. Tentunya temuan ini sudah dibuktikan melalui rangkaian penelitian.

Para peneliti yang telah mempelajari pola hidup dari diet blue zone menemukan bahwa mereka sering mengonsumsi kacang-kacangan. Area yang termasuk dalam blue zone adalah Okinawa-Jepang, Sardinia-Italia, Nicoya-Kosta Rika, Ikaria-Yunani, dan Loma Linda-California. Orang yang tinggal wilayah blue zone ini banyak yang usianya mencapai lebih dari 100 tahun.

Mengapa Kacang-kacangan Harus Dikonsumsi?
Para peneliti menemukan bahwa orang-orang di daerah blue zone yang banyak memiliki umur panjang biasa makan kacang-kacangan sebanyak satu cangkir (175 gram) per hari. Mereka mengonsumsi sebanyak itu karena kacang-kacangan mengandung protein dan serat nabati, serta tak mengandung lemak.

Misalnya dalam satu cangkir (175 gram) kacang hitam mengandung sekitar 15 gram protein, 15 gram serat, dan ada juga kandungan sedikit gula serta lemak.

Menurut penelitian The Gerontological Society of America, mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dapat menurunkan risiko depresi, hipertensi, diabetes, hingga demensia.

Kacang-kacangan juga mengandung zat antioksidan yang tinggi dan biasa disebut polifenol. Zat ini menurut peneliti dapat membantu menurunkan risiko penuaan dini

Tambahkan Kacang-kacangan ke dalam Makanan
Kacang-kacangan dapat dikonsumsi langsung maupun ditambahkan ke beberapa makanan lain. Fungsi menambahkan kacang-kacangan ini agar mendapatkan lebih banyak protein, serat, dan antioksidan yang membantumu hidup lebih lama.

Kacang-kacangan yang baik dikonsumsi agar umur panjang adalah jenis kacang hitam, kacang merah, kacang pinto, hingga kedelai. Kamu bisa mengolah kacang-kacangan ini sebagai menu sarapan sehat bersama omelet atau salad.

Kacang-kacangan Bisa Turunkan Berat Badan
Kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi secara rutin dalam program diet untuk menurunkan berat badan. Karena, kacang-kacangan mengandung protein dan serat yang tinggi. Serta di dalamnya tidak mengandung lemak jahat.

Kacang-kacangan ini dapat disertakan ke dalam pola makan rendah karbohidrat. Contohnya seperti kacang hitam yang mengandung protein dan serat tinggi, sehingga bisa kenyang lebih lama. Selain kacang hitam, ada juga kacang merah, kacang pinto, legume, hingga kacang hijau yang juga baik untuk diet menurunkan berat badan.

Editor : ARON
Sumber : detikfood