Teh kayu manis cocok menjadi minuman yang enak dinikmati karena rasa dan aromanya. Namun di balik itu, teh kayu manis juga penuh dengan senyawa bermanfaat yang menawarkan berbagai khasiat kesehatan, termasuk membantu penurunan berat badan.
Sebagaimana dilansir Times of India, kayu manis secara alami dapat membantu mengatur kadar insulin dalam tubuh, yang selanjutnya membantu mengatur kadar gula darah.

Rempah aromatik ini dapat meningkatkan metabolisme dan membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

Selain membantu penurunan berat badan, ada ragam manfaat lain dari teh kayu manis.

Berikut lima manfaat teh kayu manis, termasuk membantu penurunan berat badan.

1. Kaya antioksidan
Menurut Healthline, teh kayu manis mengandung banyak antioksidan, senyawa bermanfaat yang membantu Anda tetap sehat.

Antioksidan melawan oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas, molekul yang merusak sel-sel Anda dan berkontribusi terhadap penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Kayu manis sangat kaya akan antioksidan polifenol. Sebuah penelitian yang membandingkan kemampuan antioksidan dari 26 rempah-rempah melaporkan bahwa kayu manis hanya terkalahkan dari cengkeh dan oregano.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa teh kayu manis dapat meningkatkan kapasitas antioksidan total (TAC), yang merupakan ukuran jumlah radikal bebas yang dapat dilawan oleh tubuh Anda.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Studi tabung menunjukkan bahwa senyawa dalam kayu manis dapat mengurangi gejala peradangan. Ini mungkin sangat bermanfaat, mengingat peradangan dianggap sebagai akar dari banyak penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Selain itu, kayu manis dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), yang membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda dengan menghilangkan kelebihan kolesterol dari pembuluh darah.

Kayu manis Cassia, khususnya, mengandung kumarin alami dalam jumlah tinggi, sekelompok senyawa yang membantu mencegah penyempitan pembuluh darah dan menawarkan perlindungan terhadap pembekuan darah.

Namun, kelebihan asupan kumarin dapat mengurangi fungsi hati dan meningkatkan risiko pendarahan, jadi pastikan Anda mengonsumsi kayu manis secukupnya.

3. Bantu mengurangi gula darah
Kayu manis dapat memberikan efek antidiabetes yang kuat dengan menurunkan kadar gula darah.
Rempah-rempah ini tampaknya bertindak dengan cara yang mirip dengan insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan gula dari aliran darah dan masuk ke jaringan Anda.

Kayu manis juga dapat membantu memperlambat pemecahan karbohidrat di usus Anda, mencegah kadar gula darah Anda melonjak setelah makan

4. Bantu menurunkan berat badan
Teh kayu manis juga disebut ampuh dalam membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian telah mengaitkan asupan kayu manis dengan lemak berkurang atau lingkar pinggang yang mengecil.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa peserta kehilangan 0,7 persen massa lemak dan memperoleh 1,1 persen massa otot setelah mereka mengonsumsi setara dengan 5 sendok teh (10 gram) bubuk kayu manis per hari selama 12 minggu.

Hanya saja, kayu manis dalam jumlah besar seperti itu mungkin mengandung kumarin dalam jumlah tinggi yang berbahaya. Bila dikonsumsi berlebihan, senyawa alami ini dapat meningkatkan risiko pendarahan dan menyebabkan atau memperburuk penyakit hati.

Ini terutama berlaku untuk kayu manis Cassia, yang mengandung kumarin hingga 63 kali lebih banyak daripada kayu manis Ceylon.

5. Redakan kram menstruasi
Teh kayu manis dapat membantu meredakan beberapa gejala menstruasi, seperti sindrom pramenstruasi (PMS).

Satu studi terkontrol dengan baik memberi wanita 3 gram kayu manis atau plasebo setiap hari selama 3 hari pertama siklus menstruasi mereka.

Wanita dalam kelompok kayu manis mengalami nyeri haid yang jauh lebih sedikit daripada mereka yang diberi plasebo.

Dalam penelitian lain, wanita diberi 1,5 gram kayu manis, obat penghilang rasa sakit, atau plasebo dalam 3 hari pertama siklus menstruasi mereka.

Para wanita dalam kelompok kayu manis melaporkan lebih sedikit nyeri haid dibandingkan mereka yang diberi plasebo. Namun, pengobatan kayu manis tidak seefektif obat penghilang rasa sakit.

Ada juga bukti bahwa kayu manis dapat mengurangi perdarahan menstruasi, frekuensi muntah, dan keparahan mual selama periode wanita.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia