Vina Saktiani, mantan Lurah Tanjungpinang yang diduga tersangka kasus penipuan sudah dua kali dipanggil Polres Tanjungpinang melalui penyidik Satreskrim Polres Tanjunpinang.

Sampai saat ini Vina belum juga memenuhi panggilan tersebut, bahkan pihak polisi sudah mencarinya di Pekanbaru.

“Hingga kini tak ada etika baik tersangka Vina atas panggilan itu, dan kita sudah mengutuskan anggota ke Pekanbaru, namun belum juga ditemukan. Mungkin karena daerah Pekanbaru itukan luas,” terang Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra, kamis (27/5/2021)

Vina terkait kasus dugaan penipuan uang sejumlah ratusan juta rupiah untuk memuluskan seorang anak oknum anggota DPRD masuk seleksi Praja IPDN.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra mengatakan bahwa tersangka Vina sudah dua kali dilayangkan surat panggilan terakhir tanggal 11 Mei 2021 lalu, namun hingga kini tidak kooperatif maka pihaknya akan melakukan upaya lain.

“Kita sudah dua kali layangkan surat pemanggilan tersangka Vina namun yang bersangkutan tidak kooperatif, maka kita akan lakukan jemput paksa terhadap tersangka, dan jika ketemu tempatnya akan jemput paksa di pekanbaru,” ungkap Rio.

Vina diduga melakukan penipuan dengan menjanjikan akan lulus seleksi penerimaan di Kampus IPDN namun karena gagalnya satu mata ujian calon IPDN itu gagal masuk seleksi.

Aksi untuk memuluskan seleksi itu menggunakan uang pelicin sejumlah 300 juta, namun karena tidak lulus, Vina mengaku melalui kuasa hukumnya Agus Riawantoro SH ada niat baiknya dengan memulangkan sebagian uang tersebut.

“Diketahui panggilan pertama Vina awal bulan Mei lalu dan panggilan kedua 11 Mei 2021 namun Vina masih di Pekanbaru. Sementara larangan brangkat dari tanggal 6 sampai 17 Mei dan Vina akan pulang pada tanggal 25 Mei nanti. Dan saya sebagai kuasa hukum Vina sudah menyampaikan hal itu ke Kasat,” jelas Agus, belum lama ini.

Panggilan pertama Agus juga sudah sampaikan bahwa kleinnya berada di Pekanbaru dan kini panggilan kedua pihaknya juga sudah memberitahukan akan pulang pada tanggal 25 Mei nanti Kepada Kasat. Kenyataannya hingga kini tanggal 27 Mei 2021 Vina masih belum memenuhi panggilan polisi.

Editor : Dwik