Kebakaran hutan dan lahan di Riau sepertinya terus terjadi. Tercatat pagi ini ada 183 titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera dan Riau paling banyak.

Data BMKG, Senin (15/3/2021), titik panas di Sumatera mencapai 183 titik. Titik-titik panas tersebar di 7 provinsi berdasarkan data di satelit Terra/Aqua pukul 07.00 WIB.

Tujuh provinsi sebaran titik panas mulai dari Kepulauan Riau 1 titik, Sumatera Utara 2 titik, Riau 168, Bengkulu 1 titik, dan Jambi 4 titik. Selanjutnya di Sumatera Selatan 2 titik dan Lampung 4 titik.

“Riau ada 169 titik panas dan tersebar di 4 kabupaten/kota seperti Bengkalis 118 titik, Meranti 16 titik, Dumai 1 titik dan terakhir Pelalawan 34 titik,” kata staf analis BMKG Pekanbaru, Putri Santi S, kepada wartawan.

Khusus titik panas tingkat kepercayaan di atas 80 persen ada 34 titik. Dari angka itu, 32 titik ada di Bengkalis, 1 titik di Meranti, dan 1 titik di Pelalawan.

“Untuk di Bengkalis titik panas tersebar di 3 Kecamatan, Kecamatan Bengkalis, Bantan dan Rupat. Untuk di Pelalawan ada di Kuala Kampar dan Meranti ada di Rangsang,” ujar Putri.

Terakhir, BMKG mencatat hari ini bakal turun hujan dengan intensitas ringan dan sedang di sebagian wilayah di Riau. Hujan terjadi pada pagi hingga malam hari.

Editor : Aron
Sumber : detik