Cara Tentukan Jumlah Kamar Foto: (istimewa/The Spurce)

Sebelum membeli atau membangun rumah, kamu perlu menentukan tujuan dan prioritas mempunyai rumah, termasuk memikirkan rencana jangka panjang. Salah satu pertimbangan penting adalah jumlah kamar yang dibutuhkan.

Menentukan jumlah kamar, terutama kamar tidur sangat penting untuk menunjang aktivitas keluarga di dalam rumah. Sebab, lama-lama penghuni rumah akan semakin dewasa, bahkan bertambah sehingga tak jarang membutuhkan kamar lebih.

Lalu, berapa jumlah kamar yang ideal buat suatu rumah? Simak penjelasan berikut ini dilansir dari America’s Best House Plans, Minggu (5/5/2024).

Cara Menentukan Jumlah Kamar
1. Keluarga Berencana
Menentukan jumlah kamar berawal dari berapa anggota keluarga di dalam suatu rumah. Jika keluarga terdiri dari empat orang, termasuk dua anak, mungkin cocok mempunyai tiga kamar tidur supaya tiap anak memiliki kamar sendiri.

Namun, apa mungkin ada anggota keluarga baru nantinya? Jika ada kemungkinan menambah anak, sebaiknya menyiapkan lebih banyak kamar tidur.

2. Keluarga Besar
Mungkin kamu bingung menentukan jumlah kamar buat keluarga besar yang berjumlah 6-8 orang. Pastinya jumlah kamar tergantung pada preferensi setiap orang.

Jika menginginkan setiap orang punya kamar sendiri, maka sebaiknya membeli rumah dengan jumlah kamar yang sesuai atau membangun kamar baru. Namun, kalau budget terbatas, maka beberapa anggota keluarga bisa berbagi kamar tidur dengan jumlah kamar lebih sedikit.

3. Kamar Tamu
Nah, pertimbangan selanjutnya adalah menentukan kamar tamu. Hal ini tergantung seberapa sering kamu menjamu tamu yang menginap. Sebaiknya memastikan tamu bisa tidur dengan nyaman dengan menyediakan kamar khusus tamu.

4. Kamar Lansia
Apakah suatu saat nanti ada kemungkinan merawat orang tua atau kerabat lanjut usia? Jika ada potensi itu, maka kamu bisa menyediakan kamar tidur tambahan, biasanya di lantai satu untuk mengakomodasi lansia.

5. Kamar Kerja
Lalu, pertimbangkan kalau kamu sering kerja dari rumah (WFH) atau membutuhkan ruang kerja. Mungkin kamu membutuhkan ruang kerja dengan lingkungan yang tenang dan tidak sering dilalui orang. Maka, pilihlah atau bangun rumah dengan ruang khusus untuk bekerja.

6. Kamar Hobi
Hal tidak boleh ketinggalan kalau kamu punya budget lebih adalah kamar khusus untuk mengerjakan hobi. Jika punya kamar lebih, kamu bisa membuat kamar gym, kerajinan, atau bahkan peliharaan.

Itulah beberapa pertimbangan untuk menentukan jumlah kamar yang ideal buat keluarga kamu. Semoga bermanfaat!

Editor:PARNA
Sumber: detik.com