Ombudsman Perwakilan Kepri menyambut baik janji Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wakil Gubernur Marlin Agustin yang berkomitmen mewujudkan seluruh janji-janji politiknya kepada masyarakat Kepri, saat kampanye lalu.

Hal ini disampaikan Ansar Ahmad dalam rapat paripurna penyampaian pidato sambutan Gubernur Kepri masa jabatan 2021-2024 di gedung DPRD Kepri, Kamis (4/3).

“Dalam penyampaiannya bahwa dalam mewujudkan visi dan misi tersebut akan menekankan pemerintahannya pada lima kebijakan terpenting diantaranya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri, Lagat Siadari yang mengikuti pertemuan daring tersebut.

Menurut Lagat, komitmen tersebut bisa diwujudkan dengan membentuk tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel, serta harus menyeluruh pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepri yang terdiri dari Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Daerah dan Lembaga Teknis Daerah.

“Ombudsman berharap agar seluruh pelayanan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah menerapkan Standar Pelayanan Publik sesuai UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” ucapnya.

Berdasarkan data yang dimiliki Ombudsman Kepri, setidaknya ada 4 substansi yang harus mendapatkan perhatian khusus Pemprov Kepri. Substansi-substansi ini merupakan keluhan masyarakat yang selalu disampaikan ke Ombudsman Kepri.

“Keempat substansi ini yakni administrasi kependudukan, pendidikan, kesehatan dan perizinan. Janji gubernur untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, sebaiknya dimulai dari keempat subtansi tersebut,” ungkapnya.

Untuk memastikan seluruh layanan berjalan dengan baik, Ombudsman menyarankan agar Gubernur memberikan penguatan fungsi dan tugas pengawasan yang dilaksanakan Inspektorat.

“Selama ini eksistensi Inspektorat Kepri masih tergolong minim karena kurangnya dukungan yang diberikan. Semoga dengan Gubernur dan Wakil yang baru ini memberikan dukungan penuh kepada inspektorat menjalankan tugas dan wewenangnya,” jelasnya.

Ombudsman Kepri berharap agar Gubernur dan Wakil Gubernur Ansar dan Marlin memegang komitmennya untuk selalu amanah pada masyarakat Kepri yang telah mempercayakan jabatan ini.

“Dalam memastikan program-program pembangunannya berjalan dengan baik, sebaiknya banyak turun ke lapangan menyerap banyak aspirasi masyarakat sehingga program yang akan dijalankan sesuai dengan ekpektasi publik,” pungkasnya.

 

Editor : Parna