Madu adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi sehingga dapat memberi segudang manfaat kesehatan. Antara lain dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menambah stamina, sampai mematikan bakteri yang ada di dalam tubuh.
Namun, madu tidak boleh dikonsumsi oleh bayi berusia di bawah 1 tahun karena berisiko terkena botulisme yang bisa berakibat fatal. Botulisme sendiri adalah Keracunan langka yang disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium Botulinum.
Meski begitu, madu aman untuk ibu menyusui dan bayi tidak akan terkena botulisme melalui ASI. Ya Moms, madu hanya berbahaya jika dikonsumsi langsung oleh bayi. Hal ini dikarenakan spora botulisme yang terdapat pada madu yang dikonsumsi ibu tidak akan dibawa oleh ASI dan diminum oleh bayi.
Tak hanya aman, konsumsi madu bahkan dapat memberi banyak manfaat bagi ibu menyusui. Mengutip Parenting Firstcry, berikut kumparanMOM merangkumnya:

Manfaat Madu untuk Ibu Menyusui

5 Manfaat Madu untuk Ibu Menyusui (1)
5 Manfaat Madu untuk Ibu Menyusui Foto: Shutterstock
1. Memberi ibu hamil zat besi, folat, kalsium, vitamin B, dan vitamin C yang baik untuk tubuh sehingga madu berkhasiat agar tubuh tetap bugar.
2. Menjadi pemanis alami yang sehat. Beberapa jenis madu pun memiliki indeks glikemik lebih glikemik lebih rendah dibandingkan pemanis lain. Hal ini membuat konsumsi madu bisa membantu menstabilkan kadar gula darah ibu menyusui.
3. Mengkonsumsi madu dapat menambah stamina saat sedang menyusui, Moms. Tak hanya itu, ia juga sebagai antibodi baik untuk ibu ataupun bayi.
4. Mengkonsumsi madu dapat membantu meredakan gejala pilek atau flu, kolitis, dan sakit tenggorokan.
Ini tentu berguna terutama mengingat ibu menyusui disarankan tidak terlalu sering atau sembarangan mengkonsumsi obat.
5. Madu juga bisa dijadikan minuman pengusir lelah untuk ibu menyusui. Misalnya untuk air jahe yang dicampur madu atau teh hangat dengan madu dan kayu manis.
Nah Moms, dengan badan yang sehat, bugar dan segar berkat madu, semoga proses menyusui semakin mudah dan berjalan lancar.
Editor : Parna
Sumber : kumparan