Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan jenis tes kepribadian atau psikotes yang paling populer untuk mengidentifikasi sifat dan watak seseorang.

Melansir situs The Myers & Briggs Foundation, MBTI dikembangkan oleh Briggs Myers dan ibunya, Katharine Briggs, pada 1940-an dan dipublikasikan pada 1962.

MBTI mengklasifikasikan kepribadian ke dalam 16 tipe, yang terdiri atas 2 kelompok besar yakni delapan jenis kepribadian introvert dan delapan ekstrovert.

Tipe Kepribadian Introvert

Secara umum, orang dengan kepribadian introvert dianggap sebagai pribadi tak mudah bergaul, pemalu, dan cenderung pendiam. Padahal menurut jenis kepribadian dalam MBTI, asumsi tersebut tidak ada hubungannya.

Pembagian tipe kepribadian introvert dan ekstrovert dibedakan berdasarkan sikap yang digunakan untuk mengarahkan energinya.

Orang dengan kepribadian introvert cenderung mendapatkan energi dari hal-hal yang menstimulus ide, konsep, memori yang ada di dalam kepala maupun batin (inner world).

Orang introvert lebih suka melakukan sesuatu dengan caranya sendiri maupun dengan satu-dua orang yang dipercayainya atau dianggapnya nyaman.

Selain itu, tipe kepribadian introvert lebih suka meluangkan waktu untuk merenung untuk mendapatkan gagasan yang jelas tentang apa yang akan dilakukan sebelum memutuskan untuk bertindak.

MBTI mengklasifikasikan tipe kepribadian introvert menjadi 8 jenis, meliputi INTP, INTJ, INFP, INFJ, ISFJ, ISFP, ISTJ, dan ISTP. Berikut delapan tipe kepribadian introvert mulai dari INFJ sampai ISTP:

1. INTP – The Thinkers

Ilustrasi brainstormingFoto: Startup Stock Photos via StockSnap
Ilustrasi Tipe Kepribadian Introvert INTP

Seseorang yang memiliki kepribadian INTP biasa disebut sebagai The Thinkers atau seorang pemikir. Diperkirakan terdapat 3-5 persen kepribadian INTP di dunia.

Menurut dimensi INTP yakni Introversion yaitu orang yang senang terhadap hal yang tenang dan tidak terlalu suka mengenal dunia luas. Intuition, yakni mereka yang sebenarnya menyukai hal abstrak dan berkaitan dengan masa depan.

Thinking yaitu mereka yang berpikir objektif tanpa melihat siapa pun itu, dan Perception dimana mereka membuat keputusan berdasarkan kesepakatan.

Ciri khas kepribadian INTP yaitu:

  • Kreatif, berwawasan, brilian, dan berbakat.
  • Menilai pengetahuan dan kompetensi di atas segalanya.
  • Memiliki standar yang sangat tinggi kinerja yang mereka terapkan untuk diri mereka sendiri.
  • Pencari kebenaran dan membawa prinsip yang teguh.
  • Kehidupan utamanya ada dalam pikiran mereka, mungkin tampak terlepas dan tidak terlibat dengan orang lain.

Saran dan pekerjaan yang cocok untuk seorang INTP:

  • Belajarlah untuk menjadi seseorang yang memahami, mengerti, dan menghargai perasaan orang lain, karena bisa saja orang lain sebenarnya lebih tinggi dari Anda.
  • Cobalah menemukan ide dan mewujudkannya jangan hanya berpikir dan menyusun rencana tanpa ada wujud dan tujuan yang jelas.
  • Pekerjaan yang cocok adalah programmer, penulis teknis, penyidik forensik, hakim, ilmu kehutanan dan juga ahli ilmu eksak.

Asmara yang cocok dengan INTP adalah seseorang yang memiliki kepribadian ESTJ atau ENTJ. Pasangan tidak akan saling mendominasi dan sama-sama bermodalkan hal-hal yang menstimulasi akal pikiran.

2. INTJ – The Masterminds

Ilustrasi bekerja dengan komputer pangkuFoto: Roman Drits/Barn Images
Ilustrasi Tipe Kepribadian Introvert INTJ

 

 

Seseorang yang berkepribadian INTJ sering disebut pengatur atau The Masterminds. Diperkirakan hanya ada 2-4 persen populasi INTJ di dunia.

Menurut dimensinya INTJ berarti Introversion atau seseorang yang tidak suka akan hubungan dan dunia luar. Intuition dimana mereka membicarakan hal yang bersifat masa depan dan belum jelas atau abstrak.

Thinking merupakan dimensi dasar mereka dimana mereka suka menilai dan berpikir sebelum bertindak dan sangat objektif. Judging merupakan pribadi yang merencanakan berbagai hal sebelum bertindak.

Ciri khas kepribadian INTJ yaitu:

  • Ahli dalam mengatur strategi atau melihat gambaran secara luas.
  • Menyukai tantangan teoritis yang sulit.
  • Menghargai nilai pengetahuan dan efisiensi.
  • Mampu menyerap teori yang kompleks dan terdorong untuk menciptakan keteraturan dan struktur dari abstraksi teoritis.

Saran dan pekerjaan yang cocok untuk INTJ:

  • Cobalah untuk mengungkapkan berbagai hal dengan benar dan hargai banyak orang, jangan mengikuti perdebatan yang tidak penting.
  • Belajar untuk berempati dan peka terhadap orang lain.
  • Pekerjaan yang cocok adalah analis, dokter, pimpinan perusahaan, ahli keilmuan, insinyur, dan hakim.

INTJ dianggap cocok bersama orang dengan kepribadian ENFP dan ENTP.

3. INFP – The Idealist

Ilustrasi GuruFoto: Zurijeta/Thinkstock
Ilustrasi Tipe Kepribadian Introvert INFP

Tipe kepribadian introvert yang ketiga yaitu INFP dan sering disebut the idealist atau seseorang yang idealis.Hanya ada 4-5 persen populasi INFP di dunia.

Menurut dimensinya INFP berarti Introversion atau seseorang yang tidak suka akan hubungan dan dunia luar. Intuition dimana mereka membicarakan hal yang bersifat masa depan dan belum jelas atau abstrak.

Feeling yaitu mereka memutuskan berbagai hal dengan perasaan dan menyangkut pribadi. Lalu perception, yakni pemikiran yang terbuka dan cenderung menunda keputusan demi kesepakatan.

Ciri khas kepribadian INFP yaitu:

  • Loyal dan biasanya mengabdikan diri untuk orang lain.
  • Fleksibel, santai, kreatif dan memegang prinsip.
  • Sangat sensitif dan juga kompleks, dimana mereka tidak suka bekerja dengan rutinitas dan mementingkan hasil akhir.
  • Selalu ingin berkembang dan tidak ingin diam di tempat.

Saran dan pekerjaan yang cocok untuk INFP:

  • Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri ketika mengalami hal yang membuat anda hancur dan target yang tidak tercapai.
  • Jangan terlalu baik ataupun terlalu keras pada orang lain karena semua memiliki porsinya masing-masing.
  • Belajar untuk bersikap tegas dan juga terbuka, jangan lakukan apapun secara diam-diam dan menyakiti orang lain.
  • Pekerjaan yang cocok adalah guru, penasihat, pekerja keagamaan, penulis, dan profesor.

Asmara untuk INFP adalah mereka yang memiliki kepribadian ENFJ atau ESFJ yang mungkin lebih terbuka dan bisa mengimbangi kepribadian INFP.

4. INFJ – The Counselor

Asian female doctor examines a patient with a stethoscopeFoto: Istockphoto/amenic181
Ilustrasi Tipe Kepribadian Introvert INFJ

Seseorang yang berkepribadian INFJ sering disebut the counselor atau penasihat, dan hanya ada 1-3 persen populasi INFJ di dunia.

Menurut dimensinya INFJ berarti Introversion atau seseorang yang tidak suka akan hubungan dan dunia luar. Intuition dimana mereka membicarakan hal yang bersifat masa depan dan belum jelas atau abstrak.

Feeling yaitu mereka memutuskan berbagai hal dengan perasaan dan menyangkut pribadi serta Judging yang mana mereka mengutamakan rencana baru melakukan hal selanjutnya.

Ciri kepribadian INFJ yaitu:

  • Berorientasi pada masa depan dan berpikiran secara kompleks serta mendalam.
  • Berkomitmen, penuh ide, perfeksionis, dan juga pendiam. Sayangnya terkadang mereka sering mengekspresikan hal yang dianggap tidak ramah dan berempati.
  • Tak suka berurusan dengan hal yang rinci dan juga sulit.
  • Mengenali apa potensi diri mereka.

Saran dan pekerjaan yang cocok untuk INFJ:

  • Seimbangkan pandangan Anda, jangan terlalu melihat hal ke arah negatif atau buruk. Bersabar dan lebih rileks, jangan paksakan apa yang menjadi hal yang tidak bisa Anda kerjakan.
  • Pekerjaan yang cocok adalah penasihat, psikolog, pekerja sosial, dokter, tenaga kesehatan, pemerhati anak, dan pemasaran.

Asmara untuk INFJ adalah mereka yang memiliki kepribadian ENFP atau ENTP yang mungkin lebih bisa mengimbangi pribadi INFJ.

5. ISFJ – The Nurturers

A little girl with Cancer is visited by her Doctor to check on her intravenous drip treatmentFoto: iStockphoto/FatCamera
Ilustrasi Tipe Kepribadian Introvert ISFJ

Seseorang yang berkepribadian ISFJ sering disebut the nurturers atau pengasuh. Ada banyak pribadi yang termasuk ISFJ, yakni 9-14 persen populasi di dunia.

Menurut dimensinya ISFJ berarti Introversion atau seseorang yang tidak suka akan hubungan dan dunia luar. Sensing yaitu mereka yang mengenal hal-hal secara konkret atau nyata.

Feeling yaitu mereka memutuskan berbagai hal dengan perasaan dan menyangkut pribadi serta Judging yang mana mereka mengutamakan rencana baru melakukan hal selanjutnya.

Ciri kepribadian ISFJ yaitu:

  • Stabil, praktis, dan bersahaja. Mereka tidak suka bekerja dengan pemikiran yang abstrak.
  • Sangat jeli dalam memahami perasaan orang lain.
  • Seseorang yang kaya akan informasi dan juga bekerja keras dalam waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Memegang nilai keamanan dan juga tradisi hidup secara damai.

Saran dan pekerjaan yang cocok untuk ISFJ:

  • Belajar mengatakan tidak jika tidak suka dan cobalah untuk lebih antusias dalam melakukan berbagai hal.
  • Jangan terjebak zona nyaman, cobalah hal-hal di luar kebiasaan.
  • Pekerjaan yang cocok adalah asisten administrasi, desainer, perawat, pemimpin usaha, pemilik toko, pembantu pengacara, dan juga pengelola atau manajer.

Asmara untuk ISFJ adalah mereka yang memiliki kepribadian ESFP atau ESTP yang mungkin lebih bisa mengimbangi pribadi ISFJ.

6. ISFP – The Artist

Ilustrasi Membuat GerabahFoto: LubosHouska/Pixabay
Ilustrasi Tipe Kepribadian Introvert ISFP

Seseorang yang berkepribadian ISFP sering disebut The Artist atau seniman. Orang dengan kepribadian ISFP ada 5-9 persen populasi di dunia.

Menurut dimensinya ISFP berarti Introversion atau seseorang yang tidak suka akan hubungan dan dunia luar. Sensing yaitu mereka yang mengenal hal-hal secara konkret atau nyata.

Feeling yaitu mereka memutuskan berbagai hal dengan perasaan dan menyangkut pribadi serta Perception yakni pemikiran yang terbuka dan cenderung menunda keputusan demi kesepakatan.

Ciri kepribadian ISFP yaitu:

  • Menyukai pergerakan lambat, suka dengan hal yang dilakukan saat ini, dan memiliki kesadaran yang mendalam.
  • Tidak suka berurusan dengan teori dan juga memiliki pemikiran yang konkret.
  • Setia dan loyal kepada banyak orang.
  • Memiliki sifat individualistis dan tidak memiliki keinginan untuk mengikuti siapapun, tidak suka berorganisasi.

Saran dan pekerjaan yang cocok untuk ISFP:

  • Jangan takut akan penolakan dan konflik, karena hal tersebut wajar terjadi dalam hidup.
  • Asah dan kembangkan sisi kreatifitas dan seni dalam diri Anda sebagai modal bagus untuk hidup.
  • Pekerjaan yang cocok adalah seniman, guru, dokter hewan, pemerhati anak, desainer, dan penyanyi.

7. ISTJ – The Inspector

Close up of unrecognizable financial advisor rubbing his hands while made a fraud on his clients.Foto: Istockphoto/skynesher
Ilustrasi Tipe Kepribadian Introvert ISTJ

 

Seseorang yang berkepribadian ISTJ sering disebut The Inspector atau pengawas. Ada sangat banyak pribadi yang termasuk ISTJ yakni 11-14 persen populasi di dunia.

Menurut dimensinya ISTJ berarti Introversion atau seseorang yang tidak suka akan hubungan dan dunia luar. Sensing yaitu mereka yang mengenal hal-hal secara konkret atau nyata.

Thinking merupakan dimensi dasar mereka dimana mereka suka menilai dan berpikir sebelum bertindak dan sangat objektif. Judging merupakan mereka yang merencanakan berbagai hal sebelum bertindak.

Ciri kepribadian ISTJ yaitu:

  • Menjunjung nilai tradisi dan juga sosok yang mampu bekerja keras dan menyelesaikan waktu tugas dengan tepat.
  • Menyukai teori abstrak dan melihat aplikasi praktis.
  • Pemimpin alami.
  • Suka bekerja sendiri dan baik juga bila berada di dalam tim.
  • Stabil, praktis, dan berorientasi pada keluarga.

Saran dan pekerjaan yang cocok untuk ISTJ:

  • Belajar memahami perasaan orang lain dan kontrol keinginan Anda untuk menguasai orang lain secara berlebih.
  • Lihat lebih banyak sisi positif dibandingkan sisi negatif seseorang.
  • Terbukalah pada perubahan.
  • Pekerjaan yang cocok adalah akuntan, dokter, pengacara, dokter gigi, dan analis.

Asmara untuk ISTJ adalah mereka yang memiliki kepribadian ESFP atau ESTP yang mungkin lebih bisa mengimbangi pribadi ISTJ.

8. ISTP – The Mechanics

Ilustrasi pilot di dalam kokpit pesawatFoto: Life of Pix
Ilustrasi Tipe Kepribadian Introvert ISTP

 

Tipe kepribadian introvert yang terakhir adalah ISTP. Seseorang yang berkepribadian ISTP sering disebut The Mechanics atau mekanik, bisa juga disebut pengrajin. Pribadi yang termasuk ISTP ada sekitar 4-6 persen populasi di dunia.

Menurut dimensinya ISTP berarti Introversion atau seseorang yang tidak suka akan hubungan dan dunia luar. Sensing yaitu mereka yang mengenal hal-hal secara konkret atau nyata.

Thinking merupakan dimensi dasar mereka dimana mereka suka menilai dan berpikir sebelum bertindak dan sangat objektif. Perception yakni pemikiran yang terbuka dan cenderung menunda keputusan demi kesepakatan.

Ciri kepribadian ISTP adalah:

  • Terus menerus mengumpulkan fakta tentang apa yang ada di lingkungan.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam menerapkan logika.
  • Turun tangan langsung merupakan cara belajar yang baik.
  • Biasanya mampu menguasai teori dan pemikiran yang abstrak.
  • Kepribadian yang cukup kompleks.

Saran dan pekerjaan yang cocok untuk ISTP:

  • Observasi pada kehidupan sosial dan apa yang membuat orang memiliki emosi yang berbeda.
  • Belajar untuk mengenali perasaan Anda dan mengekspresikan perasaan.
  • Jangan mencari kesalahan untuk menyelesaikan masalah.
  • Jangan menyimpan informasi yang harusnya dibagikan pada orang lain.
  • Pekerjaan yang cocok adalah polisi, ahli forensik, mekanik, pilot, pemahat dan pengusaha.

Asmara untuk ISTP adalah mereka yang memiliki kepribadian ESTJ atau ENTJ yang bisa meredam dominansi dari sifat ISTP dan mampu mengimbangi.

Itu lah delapan tipe kepribadian introvert. Dengan paparan tersebut, Anda dapat lebih cerman mengenali diri dan juga orang-orang di sekitar Anda.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia