Khabib kalah angka di ronde pertama. (Ed Mulholland/Getty Images/AFP)

Khabib Nurmagomedov berhasil menang atas Justin Gaethje di UFC 254 lewat submission. Namun ternyata dua dari tiga juri memberikan keunggulan untuk Gaethje di ronde pertama.

Ronde pertama berlangsung sengit dan menarik. Tukar pukulan mewarnai pertarungan Khabib dan Gaethje. Khabib lebih sering menyerang bagian kepala Gaethje sedangkan Gaethje mengandalkan leg kick untuk menghantam Khabib.

Menariknya, dalam duel yang terbilang imbang tersebut, dua dewan juri memberikan keunggulan angka untuk Gaethje di ronde pertama. Ben Cartlidge dan Sal D’Amato memberikan skor 10-9 untuk Gaethje, sedangkan hanya Derek Cleary yang memberikan angka 10-9 untuk Khabib.

Meski mendapat perlawanan sengit dari Gaethje, Khabib akhirnya menemukan cara untuk menyudahi pertarungan tersebut.

Tony Ferguson, left, falls backward after taking a punch from Justin Gaethje during a UFC 249 mixed martial arts bout, early Sunday, May 10, 2020, in Jacksonville, Fla. (AP Photo/John Raoux)Ilustrasi Justin Gaethje. (AP/John Raoux)

Setelah berhasil melakukan takedown di dua menit terakhir ronde kedua, Khabib bisa menemukan celah untuk melakukan kuncian triangle choke.

Gaethje pun terkulai lemas tak berdaya sehingga wasit menyatakan Khabib keluar sebagai pemenang di laga ini.

Kekalahan angka di ronde pertama adalah kali kedua bagi Khabib dalam kariernya. Kali pertama ia kalah dalam perhitungan poin sebuah ronde di UFC adalah pada ronde ketiga duel lawan Conor McGregor. Saat itu ketiga juri memberikan skor 10-9 untuk McGregor setelah Khabib lebih dulu unggul di dua ronde sebelumnya.

Khabib sendiri akhirnya menghabisi McGregor dengan kuncian leher di ronde keempat.

Khabib memutuskan untuk pensiun usai menang atas Gaethje di UFC 254. Khabib merasa tak bisa berada di dunia mixed martial arts lagi setelah Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia