Sevilla sukses melaju ke babak final Liga Europa 2019/20. Hasil itu mereka dapatkan usai mengalahkan Manchester United ketika bertemu di RheinEnergieSTADION, Jerman, Senin (17/8) dini hari WIB, dengan skor 2-1.
Gol dari Sevilla dicatatkan atas nama Suso (26′) dan Luuk de Jong (78′). Sementara Man United mencetak gol melalui Bruno Fernandes (9′).
Di partai puncak UEFA Europa League (UEL), Sevilla akan menantang pemenang antara Inter Milan vs Shakhtar Donetsk. Dua kesebelasan tersebut baru akan mentas, Selasa (18/8) dini hari WIB.
Tempo tinggi jadi pemandangan yang tersaji di awal laga. Sevilla masih setia dengan pakem andalan 4-3-3. Julen Lopetegui sama sekali tidak mengubah komposisi pemain yang membawa Sevilla menang atas Wolverhampton Wanderers pada babak sebelumnya.
Trio lini depan, Jesus Suso, Youssef En-Nesyri, dan Lucas Ocampos, jadi andalan. Mereka ditopang oleh Ever Benega, Fernando, dan Joan Jordan. Akan tetapi, belum genap 10 menit pertandingan berjalan, Man United sudah unggul melalui sepakan penalti Bruno Fernandes pada menit ketujuh.
Adalah Marcus Rashford yang membikin United mendapatkan penalti. Bekerja sama dengan Anthony Martial di kotak penalti lawan, Rashford mendapat tekel oleh Diego Carlos kendati sudah melepaskan tembakan.
Unggul satu gol membuat United mendapatkan momentum. Jelang 15 menit babak pertama, Fred nyaris menggandakan kedudukan.
Sevilla baru merespons beberapa menit setelahnya. Satu peluang hadir via Lucas Campos. Beruntung bagi United, De Gea melakukan penyelamatan penting.
Selepas peluang tersebut, Sevilla memaksa United bermain bertahan. Mereka mencari peluang dengan memanfaatkan sisi tepi sayap.
Hasil Liga Europa: Singkirkan Man United, Sevilla ke Final UEL (2)
Selebrasi Suso pada laga Sevilla vs Manchester United. Foto: Martin Meissner/REUTERS
Hasilnya tokcer. Umpan tarik Sergio Reguilon dari sisi kiri, sukses dikonversi dengan baik oleh Suso untuk mencetak gol penyeimbang.
Sepuluh menit jelang turun minum, United mendapat dua peluang. Satu melalui Martial dan satunya via Fernandes. Hanya saja, kans tersebut kudu kandas lantaran eksekusi Martial melambung dan sepakan Fernandes dimentahkan oleh Yassine Bounou.
Kembali dari ruang ganti United mendapat dua peluang melalui Martial dan Rashford. Hanya saja, Bounon sukses mementahkan dua kans tersebut.
Di awal babak kedua, United betul-betul bermain menyerang. Itu tercermin dari banyaknya tembakan yang mengarah ke gawang Sevilla.
Selepas menit ke-60, giliran Paul Pogba dan Greenwood yang melepaskan sepakan. Hanya saja, seluruh upaya United mentah di lini pertahanan Sevilla.
Omong-omong soal peluang Sevilla. Mereka berupaya untuk membongkar pertahanan United via tepi sayap. Dua di antaranya hadir melalui Suso dan Jordan.
Tapi pada menit ke-78, Sevilla akhirnya membalikkan kedudukan. Bermula dari umpan silang Jesus Navas, kiriman bolanya sukses dikonversi De Jong menjadi gol.
Situasi lini belakang United cukup lowong saat De Jong mencetak gol. Sebab, Lindeloef dan Wan Bissaka hanya bisa menonton saat De Jong merangsek melewatinya.
United berupaya mengejar ketertinggalan di sisa waktu. Sial buat mereka, skor 2-1 untuk kemenangan Sevilla bertahan hingga laga rampung.
Editor : Parna
Sumber : kumparan