Langkah Manchester City di Liga Champions 2019/20 terhenti di babak perempat final. Bersua Lyon di venue netral yakni di Stadion Jose Alvalade, Lisbon pada Minggu (16/08/2020) dini hari WIB, The Citizens keok dengan skor 1-3.
Gol Lyon lahir melalui Maxwel Cornet (24′) dan dua gol Moussa Dembele (87′ & 79′). Sementara City, hanya mampu mencetak satu gol melalui Kevin De Bruyne (69′).
Hasil ini membikin Lyon berhak melaju ke babak semifinal Liga Champions. Mereka akan bertemu Bayern Muenchen yang sukses menjungkalkan Barcelona di babak yang sama sehari sebelumnya.

Daftar Susunan Pemain Manchester City vs Lyon

Pep Guardiola masih mengedepankan wadah 4-3-3. Lini depan masih akan tanpa Sergio Aguero dan posisinya digantikan oleh Gabriel Jesus.
Sebagai pendamping, manajer Man City tersebut masih memercayakan Kevin De Bruyne dan Raheem Sterling di kedua tepi sayap. Ketiga ditopang oleh Ilkay Guendogan, Fernandinho, serta Rodri dari lini tengah.
Rudi Garcia merespons dengan wadah 3-5-2. Trio Fernando Marcal, Marcelo, dan Jason Denayer masih menjadi andalan Lyon di jantung pertahanan.
Di pos penyerangan, Memphis Depay dan Karl Toko Ekambi ditugasi sebagai juru gedor. Mereka akan disuplai oleh Bruno Guimaraes dari lini tengah.

Jalannya Pertandingan Manchester City vs Lyon

Seperti biasanya, City mengedepankan umpan-umpan pendek untuk membongkar pertahanan lawan. Statistik mencatat, penguasaan bola mereka menyentuh 68 berbanding 32 persen.
Selain itu, City juga tampil dominan dalam urusan menciptakan peluang. Selama 45 menit babak pertama, dari 5 percobaan, tiga di antaranya mengarah ke gawang.
Lyon merespons dengan bermain menunggu dan melancarkan serangan balik. Hasilnya apik. Sebab, satu dari dua upaya tembakan mereka berbuah gol. Efektif.
Hasil Liga Champions: Lyon Gagalkan Mimpi Man City ke Semifinal (1)
Laga perempat final Liga Champions antara Manchester City vs Olympique Lyonnais di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal. Foto: Franck Fife/Reuters
Adalah Maxwel Cornet yang membuat Lyon unggul di babak pertama. Berawal dari umpan jarak jauh yang ditujukan kepada Toko Ekambi, langkah penyerang berpaspor Kamerun itu sebenarnya dapat dihentikan oleh bek City, Eric Garcia.
Kendati demikian, bola liar langsung disambar oleh Cornet yang berlari di samping Ekambi. Penjaga gawang City, Ederson Moraes, yang berada dalam posisi terlalu maju, tak bisa menjangkau bola tembakan Cornet. Lyon memimpin 1-0.
Hasil Liga Champions: Lyon Gagalkan Mimpi Man City ke Semifinal (2)
Laga perempat final Liga Champions antara Manchester City vs Olympique Lyonnais di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal. Foto: Franck Fife/Reuters
Tertinggal satu gol, City meningkatkan intensitas serangan. Dua peluang hadir melalui Guendogan dan Sterling. Sial buat keduanya, Lopes tampil cekatan dengan menggagalkan dua peluang tersebut. Alhasil, Lyon ke ruang ganti dengan keunggulan satu gol.
Usai rehat, City langsung menyerang dengan intensitas tinggi. Hanya saja, City baru bisa melepaskan sepakan yang benar-benar mengarah ke gawang pada menit ke-60 melalui De Bruyne.
Upaya tersebut masih berujung kegagalan. Tapi sembilan menit berselang, pemain Timnas Belgia tersebut sukses mencetak gol usai mengonversi umpan Sterling.
Hasil Liga Champions: Lyon Gagalkan Mimpi Man City ke Semifinal (3)
Laga perempat final Liga Champions antara Manchester City vs Olympique Lyonnais di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal. Foto: Franck Fife/Reuters
Kedudukan sama hanya bertahan 10 menit. Sebab, memasuki menit ke-79, Lyon kembali unggul melalui Moussa Dembele lewat akselerasi serangan balik.
Menariknya, Dembele mencetak gol saat dia baru empat menit menginjak lapangan. Sebelumnya, Garcia menarik Depay di menit ke-75.
Sepuluh menit jelang laga bubaran. City nyaris menyamakan kedudukan via Sterling. Hanya saja, upayanya masih membentur tiang.
Sial bagi City, lewat serangan balik Lyon, mereka harus menelan pil pahit. Ya, di menit ke-87 Moussa Dembele kembali mencetak gol kedua usai memanfaatkan tangkapan Ederson yang gagal memblok sepakan Houssem Aouar. Skor 3-1 jadi hasil akhir di laga ini dan membikin Lyon berhak ke semifinal.
Editor : Parna
Sumber : kumparan