JAKARTA – Bill Gates mengkritik tes virus Corona di Amerika Serikat. Bukan karena ia menganggap tes tidak membantu tapi karena sistem tes yang diterapkan.
Hal ini disampaikan Gates saat berbicara di program CNN Town Hall. Ia mengatakan saat ini tes dan pelacakan yang dilakukan di AS kalah jauh dibanding beberapa negara Asia.

“Di Asia, kualitas tes dan contact tracing sangat jauh di depan dibanding AS,” kata Gates, seperti dikutip detikINET dari Inc, Selasa (5/5/2020).

Gates mengatakan pemerintah AS mungkin terus meningkatkan kapasitas tes virus Corona setiap harinya. Tapi angka ini tidak merefleksikan kenyataan sebenarnya di masyarakat, terutama di komunitas berpenghasilan rendah.

Menurut Gates mundurnya sistem tes virus Corona di AS karena dua alasan. Pertama karena sistem yang tidak merata dan tidak memprioritaskan golongan yang lebih rawan.

Pendiri Microsoft ini menjelaskan bahwa ada beberapa kasus di mana seseorang pernah dites hingga berkali-kali karena pekerjaannya. Tapi di sisi lain ada komunitas marjinal yang tidak mendapatkan akses terhadap tes COVID-19.

“Jika kalian orang dengan penghasilan tinggi, kalian bisa dites banyak kali, jika kalian berpenghasilan rendah, kemungkinan kalian tidak bisa mendapatkan tes sama sekali,” ucap Gates.

Alasan kedua adalah lamanya durasi untuk mengetahui hasil tes yang bisa memakan waktu lebih dari 24 jam. Jika hasil tes membutuhkan 3-4 hari untuk dikeluarkan, Gates mengatakan orang yang telah dites pun tetap bisa menyebarkan virus tanpa diketahui.

“Apa gunanya? Apa kalian cukup menulis catatan minta maaf kepada orang yang kalian temui selama tiga hari terakhir?” ujar pria berusia 67 tahun tersebut.

Editor: PARNA
Sumber: detikinet