Gelandang Arsenal Kai Havertz (kanan) menembak melewati bek Chelsea Marc Cucurella (tengah) untuk mencetak gol pada pertandingan Liga Inggris antara Arsenal vs Chelsea di Stadion Emirates di London pada 23 April 2024.(AFP/GLYN KIRK)

 Arsenal menang telak atas Chelsea pada laga tunda pekan ke-29 Premier League atau kasta teratas Liga Inggris 2023-2024.

Laga Arsenal vs Chelsea yang berlangsung di Stadion Emirates, Rabu (24/4/2024) dini hari WIB, berakhir dengan skor 5-0.

Gol-gol kemenangan The Gunners, julukan Arsenal, dicetak Leandro Trossard (4′), Ben White (52′, 70′), dan eks pemain Chelsea, Kai Havertz (57′, 65′).

Hasil ini membuat Arsenal bertahan di peringkat pertama klasemen Liga Inggris dengan perolehan 77 poin, sedangkan Chelsea ada di urutan ke-9 dengan 47 poin.

Trossard membawa Arsenal unggul cepat saat pertandingan baru berjalan empat menit. Gol bermula dari kombinasi Kai Havertz dan Thomas Partey.

Bola lalu diteruskan ke Declan Rice yang bergerak maju dan memberikan umpan ke Trossard yang tembakan mendatarnya melewati kiper Chelsea, Djorjde Petrovic.

Dominasi Arsenal terus menciptakan peluang-peluang berbahaya. Menit ke-25, Havertz meneruskan bola Martin Odegaard ke Bukayo Saka.

Akan tetapi, tembakan Saka bisa ditepis Petrovic. Aksi Petrovic untuk mengamankan gawangnya tak berhenti di sana.

Kiper asal Serbia itu kembali menggagalkan tendangan datar Havertz di sisi kirinya. Beberapa saat kemudian, ia juga menghalu tendangan Trossard.

The Blues, sebutan Chelsea, mendapatkan peluang emas untuk menyamakan skor pada menit ke-29. Umpan silang Noni Madueke mengarah ke Marc Cucurella.

Ben White mencoba menghalau bola, tetapi si kulit bulat jatuh ke arah Enzo yang tendangannya melebar tipis di sebelah tiang gawang.

Arsenal baru bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-52 berkat Ben White. Bola hasil sepak pojok berakhir di kaki Rice yang tendangannya diblok.

Namun, bola memantul ke White yang langsung mengarahkannya ke tiang jauh dan gagal diantisipasi Petrovic.

Lima menit kemudian, Havertz, mantan pemain Chelsea, membawa Arsenal semakin menjauh dengan keunggulan 3-0 setelah menerima servis Odegaard.

Havertz mengungguli dua pemain Chelsea, sebelum mencungkil bola melewati Petrovic yang sedang berlari untuk menghalau si kulit bulat.

Pemain asal Jerman itu kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-65 dengan tendangan kaki kirinya ke pojok gawang usai memanfaatkan assist Saka.

Unggul 4-0 tak membuat Arsenal mengendurkan serangan. Mereka justru berhasil mencetak gol kelima dan memastikan kemenangan berkat tendangan voli Ben White.

ARSENAL VS CHELSEA 5-0 (Leandro Trossard 4′, Ben White 52′, 70′, Kai Havertz 57′, 65′)

Susunan pemain Arsenal vs Chelsea 

Arsenal (4-3-3): David Raya, William Saliba, Ben White, Gabriel Magalhaes, Takehiro Tomiyasu (Oleksandr Zinchenko 72′), Martin Odegaard, Thomas Partey (Jorginho 72′), Declan Rice, Bukayo Saka (Fabio Vieira 82′), Kai Havertz (Gabriel Jesus 72′), Leandro Trossard (Gabriel Martinelli 72′).

Chelsea (4-2-3-1): Djordje Petrovic, Alfie Gilchrist (Thiago Silva 78′), Axel Disasi, Benoit Badishile, Marc Cucurella. Enzo Fernandez (Trevoh Chalobah 14′), Moises Caicedo, Noni Madueke (Cesare Casadei 79′), Conor Gallagher, Mykhailo Mudryk (Raheem Sterling 7′), Nicolas Jackson.

Editor: PARNA

Sumber: kompascom