Foto: PA Images via Getty Images/Peter Byrne – PA Images

Enam gol tercipta kala Liverpool menjamu Tottenham Hotspur. The Reds bisa menutup laga dengan kemenangan 4-2.

Liverpool vs Tottenham Hotspur tersaji di Anfield pada laga lanjutan Liga Inggris, Minggu malam (5/5/2024). The Reds yang tampil dominan bisa bikin dua gol di babak pertama.

Mereka membuka keunggulan melalui Mohamed Salah di menit ke-16. Andrew Robertson menggandakan keunggulan Liverpool sesaat sebelum jeda.

Liverpool menambah dua gol selepas jeda dari Cody Gakpo di menit ke-50 dan Harvey Elliott menit ke-59. Tottenham mencoba bangkit di sisa laga.

The Lilywhites mencetak dua gol untuk memperkecil ketinggalan dari Richarlison di menit ke-72 dan Son Heung-min menit ke-79. Namun hal itu tak cukup menyelamatkan mereka dari kekalahan. Liverpool menutup laga dengan kemenangan 4-2.

Tambahan tiga angka membuat Liverpool saat ini mengumpulkan 78 poin di urutan ketiga. Pasukan Juergen Klopp tertinggal empat angka dari Manchester City di urutan kedua dan lima angka dari Arsenal di puncak klasemen. Tottenham di peringkat kelima dengan 60 poin.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah tampil menekan. Mereka punya peluang emas di menit ke-8. Kesempatan ini bermula dari Harvey Elliot bisa merebut bola di lini tengah.

Ia menyodorkannya ke Mohamed Salah yang langsung melepas tembakan. Sepakan Salah bisa diblok oleh Guglielmo Vicario. Bola muntah disambar Elliott. Christian Romero bikin penyelamatan dengan bisa mengadang tembakan Elliott di garis gawang.

Terus menyerang, Liverpool akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-16. Umpan terukur Cody Gakpo dari sisi kiri membebaskan Salah dari perangkap offside. Salah bisa menyambutnya dengan sundulan yang tak kuasa dibendung Vicario.

Liverpool tak mengendurkan serangan usai unggul. Giliran Luis Diaz yang punya peluang. Tembakannya dari sudut sempit tapi masih bisa ditahan Vicario.

Diaz kembali punya kesempatan di menit ke-40. Ia sekali lagi membuang peluang. Mendapat umpan dari Trent Alexander-Arnold, Diaz memilih melepas tembakan akrobatik yang jauh dari dari sasaran.

Liverpool tak memberi kesempatan untuk Tottenham mengembangkan permainan. The Lilywhites tak nyaman menguasai bola akibat pressing Si Merah.

Vicario bekerja keras menahan gempuran Liverpool. Ia bikin penyelamatan kala bisa menepis sepakan Elliott.

Pada menit ke-45, Vicario kembali beraksi kala bisa menahan sepakan mendatar Salah di depan gawang. Namun, ia tak bisa berbuat banyak kalah bola muntah bisa disambar Andrew Robertson menjadi gol,

Skor 2-0 untuk Liverpool menutup babak pertama.

Selepas jeda, Liverpool masih memegang kendali laga. Mereka sudah bisa menambah keunggulan saat babak kedua baru berjalan lima menit.

Elliott memberikan umpan terukur ke Gakpo yang berdiri di depan gawang. Gakpo menyambutnya dengan sundulan terukur untuk memperdayai Vicario. Liverpool unggul 3-0 di menit ke-50.

Si Merah semakin menjauh di menit ke-59. Elliott kini yang mencatatkan namanya di papan skor. Gelandang asal Inggris ini mencetak gol indah lewat sepakan dari depan kotak penalti. Bola bersarang ke pojok kanan gawang Tottenham.

Unggul empat gol membuat Liverpool mengendurkan serangan. Hal ini dimanfaatkan oleh Tottenham.

Tim tamu bisa memperkecil ketinggalan di menit ke-72. Umpan mendatar Brennan Johnson dari sisi kanan bisa disambar Richarlison menjadi gol.

Gol ini memantik Tottenham untuk lebih menyerang. Hasilnya, mereka bisa mencetak gol kedua tujuh menit berselang.

Richarlison tak egois kala berada di kotak penalti. Ia menyodorkan bola ke Son Heung-min yang langsung melepas tembakan mendatar yang tak bisa diamankan Alisson.

Richarlison hampir saja kembali bikin gol di menit ke-87. Namun kali ini tembakannya masih bisa ditepis Alisson.

Salah sempat bikin gol di menit akhir menerima umpan dari Darwin Nunez. Gol itu tapi dianulir karena offside.

Liverpool mengakhiri laga dengan kemenangan 4-2.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com