Ilustrasi. Waktu yang tepat minum teh hijau. (iStockphoto/KMNPhoto)

Teh hijau terbukti punya banyak manfaat kesehatan. Namun Anda perlu minum teh hijau di waktu yang tepat agar perolehan manfaat bisa optimal.

Teh hijau begitu populer sebagai obat tradisional di China dan Jepang selama ribuan tahun. Teh hijau memang tidak menawarkan minuman penuh nutrisi seperti susu. Namun kandungan antioksidan khususnya polifenolnya tinggi.

Dilansir dari WebMD, secara tradisional teh hijau di China dan India digunakan untuk mengontrol pendarahan, masalah pencernaan, dan mengatur suhu tubuh. Kemudian di dunia modern, teh hijau terbukti mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan mencegah stroke.

Sebenarnya, Anda bisa minum teh hijau kapan pun. Hanya saja, Anda bisa panen manfaat lebih banyak jika waktu minum teh hijau tepat. Kapan saja?

Pagi hari
Menikmati teh hijau di pagi hari mampu mendorong fokus dan konsentrasi. Kandungan kafeinnya mampu jadi stimulan sehingga perhatian dan kewaspadaan meningkat.

Meski sama-sama mengandung kafein, teh berbeda dengan kopi. Seperti dilansir dari Healthline, teh hijau mengandung L-theanine yakni asam amino yang memberikan efek menenangkan.

Kafein dan L-theanine akan bekerja sama meningkatkan fungsi otak dan mood tanpa memicu efek samping.

Saat olahraga
Beberapa riset menyarankan minum teh hijau bisa bermanfaat jika diminum sebelum olahraga.

Sebuah studi pada 12 pria menemukan konsumsi teh hijau sebelum olahraga meningkatkan pembakaran lemak hingga 17 persen.

Studi lain pada 13 wanita menunjukkan minum 3 sajian teh hijau sehari sebelum olahraga dan minum 2 jam sebelum olahraga mampu meningkatkan pembakaran lemak.

Setelah sarapan atau makan siang
Ilustrasi. Setelah sarapan atau makan siang adalah waktu terbaik minum teh hijau. (Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Untuk manfaat kesehatan optimal, Anda bisa minum teh hijau satu jam setelah sarapan atau makan siang. Teh hijau pun pas diminum bersama camilan di sela makan berat.

Strategi ini digunakan agar teh hijau tidak memicu masalah pencernaan.

“Minum teh hijau yang tinggi kafein pada perut kosong bisa memicu mual. Pada beberapa orang, terlalu banyak kafein bisa mengakibatkan mulas, gampang marah, tangan gelisah dan detak jantung cepat,” kata ahli gizi Naymbiar Tejashwi, seperti dilaporkan Health Site.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com