Ilustrasi Timnas Indonesia U-23. (dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Australia dengan skor 1-0 dalam laga Piala Asia U-23. Komang Teguh mencetak gol di laga ini.

Timnas Indonesia U-23 bermain agresif sejak awal babak pertama. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan terus berusaha membongkar pertahanan Australia dan menciptakan sejumlah peluang.

Namun kemudian Australia yang lebih dulu mendapat peluang emas mencetak gol di menit ke-23. Komang Teguh melakukan handball lantaran bola tembakan Mohamed Toure membentur tangan miliknya.

Toure maju sebagai eksekutor penalti. Ernando Ari bisa membaca arah tendangan Toure dengan baik. Bola pun berhasil dibendung Ernando dan skor tetap 0-0.

Timnas Indonesia U-23 akhirnya bisa memimpin 1-0 pada menit ke-45. Komang Teguh sukses menggetarkan gawang Australia setelah menyundul bola hasil tendangan Nathan Tjoe A On di muka gawang.

Tertinggal satu gol, Australia coba mengurung pertahanan Timnas Indonesia U-23 sejak awal babak kedua dimulai. Pada 15 menit awal babak kedua berjalan, pemain-pemain Garuda Muda disibukkan untuk bertahan.

Walaupun Australia menekan dari berbagai penjuru, Timnas Indonesia U-23 mampu menahan gempuran dengan baik. Tony Vidmar lalu bergerak lebih dulu dengan memasukkan Lachlan Borok dan Jordi Valadon di menit ke-60 untuk menambah daya gedor.

Kehadiran pemain baru membuat Australia makin menggeliat mengurung pertahanan Timnas Indonesia. Skuad Garuda Muda pun makin diuji oleh serangan-serangan berbahaya.

Shin Tae Yong lalu menurunkan Justin Hubner di menit ke-72 untuk menggantikan Jeam Kelly Sroyer yang mengalami cedera. Empat menit kemudian, Rio Fahmi juga dimasukkan sebagai tenaga baru menggantikan Fajar Fathur Rahman.

Australia juga beberapa kali melepaskan ancaman dari luar kotak penalti. Salah satunya saat Jacob Italiano melepaskan tembakan di menit ke-78 yang masih melambung di atas gawang.

Keberanian Ernando Ari juga layak diacungi jempol. Ia beberapa kali berani keluar memotong umpan silang Australia, salah satunya saat ia menangkap umpan silang Garang Kuol di menit ke-80.

Gempuran Australia makin serius di menit-menit akhir. Ernando Ari kembali melakukan penyelamatan gemilang saat melakukan blok terhadap tendangan Lachlan Brook di kotak penalti.

Timnas Indonesia bisa menjaga keunggulan 1-0 hingga laga memasuki masa injury time. Injury time yang diberikan wasit terbilang lama yaitu 11 menit.

Di masa injury time, pemain-pemain Timnas Indonesia berjuang keras untuk bertahan. Pemain-pemain depan seperti Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan juga ikut turun ke belakang.

Di sela-sela tekanan Australia, penetrasi Nathan membuahkan hasil saat ia sukses mengirim umpan ke Marselino di menit kelima masa injury time. Sayang tembakan Marselino bisa diblok bek lawan.

Tekanan Australia terus berlanjut hingga menit-menit akhir pertandingan. Timnas Indonesia U-23 berhasil bertahan dengan baik dan mempertahankan keunggulan 1-0.

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-23
Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Komang Teguh; Fajar Fathur Rahman, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Australia U-23
Patrick Beach (PG); Alexander Popovic, Jacob Italiano, Jordan Courtney-Perkins, Lucas Mauragis; Keegan Jelacic, Ryan Teague, Jake Hollman, Aadrian Segecic; Nishan Velupillay, Mohamed Toure

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com