Foto: iStock

Sama-sama mengandung kafein, kopi dan cokelat sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jika keduanya dicampur, bisa meningkatkan kecerdasan otak.

Kopi selalu cocok dipadukan dengan berbahan campuran apapun. Mulai dari gula, susu, krimer, dan juga cokelat. Namun sebaiknya pilihlah campuran yang menyehatkan.

Cokelat disebut-sebut sebagai pilihan menyehatkan sebagai campuran kopi. Cokelat juga mengandung kafein, sama seperti kopi yang berperan sebagai antioksidan.

Selain itu, cokelat juga kaya akan mikronutrien yang bagus untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Sebuah penelitian mengungkap bahwa mencampur kopi dan cokelat bisa meningkatkan kecerdasan.

Dikutip dari NY Post (21/03/17) berikut penjelasannya!

1. Hasil penelitian
Sebuah penelitian di University of Georgia menemukan manfaat dari mencampurkan kopi dan cokelat. Manfaatnya adalah dapat membantu berkonsentrasi lebih baik.

Penelitian tersebut membanding efek ‘energi mental’ dari empat minuman panas yang berbeda, satu dengan cokelat, satu dengan kafein, satu dengan kombinasi keduanya, dan terakhir sebagai plasebo.

Setiap hari, para peserta diminta untuk meminum satu dari empat minuman tersebut dan diminta untuk menyelesaikan ‘tes energi mental’.

2. Meningkatkan konsentrasi
Kemudian, peneliti menemukan tingkat respon yang lebih cepat dari peserta yang meminum cokelat. Selain itu, mereka yang minum campuran kafein dan cokelat memiliki akurasi yang lebih tinggi.

Seiring dengan peningkatan konsentrasi, penelitian juga menunjukkan bahwa kakao mengurangi efek kafein yang menyebabkan kecemasan.

“Cokelat meningkatkan aliran darah otak, yang meningkatkan kognisi dan perhatian. Kafein saja dapat meningkatkan kecemasan,” tutur Ali Boolani kepada Global News.

3. Manfaat kopi campur cokelat
Lebih lanjut, peneliti juga mengatakan bahwa cokelat dapat mengurangi efek kafein yang menimbulkan kecemasan tersebut. Peneliti pun menyarankan untuk mengonsumsi mocha latte.

Meskipun demikian, tetap waspada dengan memperhatikan porsi agar tidak berlebihan. Studi tersebut juga menemukan bahwa kafein berdampak negatif pada suasana hati seseorang.

“Jika dibandingkan dengan kelompok plasebo, mereka yang hanya konsumsi minuman mengandung kafein lebih mudah marah,” ungkap peneliti.

Dengan mencampurkan cokelat pada kopi, maka akan melemahkan perasaan marah dan cemas tersebut.

4. Menyehatkan usus
Tak hanya meningkatkan kecerdasan otak, minum kopi yang dicampur cokelat juga bagus untuk kesehatan usus. Hal tersebut telah dibuktikan oleh ahli gizi Johns Hopkins Medicine.

Menurutnya, kopi kaya akan antioksidan yang dikaitkan dengan pengurangan peradangan dalam tubuh dan mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Sifat antioksidan pada kopi itu mampu melindungi stres oksidatif yang dapat menyebabkan masalah kesehatan utuh. Antioksidan itu pun juga ditemukan dalam cokelat.

Dikutip dari Live Strong (11/09/23) antioksidan pada cokelat disebut juga polifenol yang manfaatnya mampu mendukung kesehatan usus.

5. Picu penurunan berat badan
Kandungan kafein dan antioksidan pada cokelat maupun kopi juga bisa membantu menurunkan berat badan, seperti yang dilansir dari Times of India (21/01/22).

Kopi dicampur cokelat bisa membantu membakar lemak, sehingga membantu menurunkan berat badan. Manfaatnya akan lebih baik juga menggunakan jenis cokelat hitam atau dark cholate yang dikonsumsi tanpa tambahan gula.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com