Ilustrasi. (Foto: Getty Images/whitebalance.oatt)

Setiap orang tua ingin agar anaknya bisa tubuh menjadi individu yang cerdas dan berprestasi. Meski begitu, mungkin tidak semua orang tua tahu cara persis untuk membesarkan anak agar pintar.

Setiap orang tua memiliki cara yang berbeda dalam membesarkan anak. Beberapa orang tua mungkin berkaca pada pengalaman pribadi, tapi ada juga yang meminta saran dari orang tua atau kerabat yang dianggap lebih berpengalaman dalam membesarkan anak.

Kendati demikian, bagaimana cara untuk membesarkan anak agar bisa sukses dan berprestasi di masa depan? Dikutip dari Time, berikut cara membesarkan anak agar pintar yang sudah terbukti lewat penelitian.

1. Beri Pelajaran Musik

Sebuah studi menunjukkan pelajaran musik dapat membuat anak menjadi lebih pintar. Dalam studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa anak-anak dalam yang mendengarkan musik menunjukkan peningkatan IQ yang lebih besar dibanding anak yang tidak ikut.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan Northwestern University menemukan pelajaran musik juga dapat membantu mengimbangi beberapa efek penuaan pada orang tua.

2. Ajak Beraktivitas Fisik

Aktivitas fisik memiliki dampak positif terhadap konsentrasi, ingatan, dan perilaku anak-anak di kelas. Penelitian juga menunjukkan aktivitas fisik dapat meningkatkan kecerdasan, kreatvitas, dan keterampilan perencanaan anak.

3. Membaca Bersama

Jangan biarkan anak hanya menatap gambar yang ada di buku saat membaca. Ajaklah anak untuk membaca setiap kata yang ada di dalam buku bersama-sama.

Dengan membaca bersama, maka keterampilan membaca anak akan terbentuk. Ini karena orang tua memberi perhatian khusus pada pengembangan keterampilan dan strategi membaca anak. Karena itu, membaca bersama merupakan cara yang efektif untuk membangun kemampuan literasi sejak dini.

4. Pastikan Anak Cukup Tidur

Kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan kognitif anak. Penelitian menunjukkan kurang tidur selama satu jam setara dengan hilangnya perkembangan kognitif selama dua tahun.

5. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Anak

Makanan yang sehat memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan kecerdasan anak. Studi menunjukkan makanan yang mengandung karbohidrat dan serat tinggi, serta lambat dicerna, merupakan salah satu jenis makanan terbaik.

Penelitian juga menunjukkan makanan yang mengandung lemak tinggi dan karbohidrat rendah dapat membuat kinerja otak anak menurun.

6. Pergaulan yang Sehat

Lingkungan juga memainkan peran penting terhadap perkembangan kecerdasan anak. Menurut sebuah studi, tinggal lingkungan yang sehat, pergi sekolah yang bagus, dan memastikan anak bergaul dengan baik dapat membuat perbedaan yang besar terhadap tumbuh kembangnya.

7. Selalu Percaya pada Anak

Terkadang, orang tua meragukan kemampuan sang anak. Meski terkesan sepele, hal ini sebenarnya dapat menghambat orang tua dalam mendidik anak.

Sebab, sikap tersebut dapat memunculkan kesan bahwa orang tua menahan anak mereka untuk berkembang. Akhirnya, anak merasa menjadi tidak percaya diri ketika melakukan sesuatu. Hal ini akan membuat mereka menjadi ragu-ragu dalam berjuang meraih kesuksesan.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom