Air kelapa memang kerap dijadikan salah satu minuman berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Rasanya yang agak manis dan menjanjikan sensasi segar meskipun tanpa tambahan es atau gula, membuat air kelapa jadi salah satu minuman favorit saat berbuka.

Selain itu, kandungan asam laurat dalam kelapa juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, membuat air kelapa memang cocok diminum saat berbuka meski berat dalam keadaan kosong.

Melansir berbagai sumber, asam laurat dalam kelapa juga bisa memulai metabolisme tubuh saat perut dalam keadaan kosong. Bahkan ibu hamil kerap disarankan untuk mengonsumsi air kelapa agar tubuh tetap terhidrasi.

1. Menurunkan berat badan

Air kelapa mengandung potasium dan enzim bioaktif tinggi. Keduanya bisa meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh. Makanya, minum air kelapa juga bisa membantu otot membakar lebih banyak kalori dari biasanya hingga berujung pada penurunan berat badan.

2. Mencegah dehidrasi

Air kelapa adalah minuman yang rendah kalori dan karbohidrat tapi menyegarkan terutama diminum saat berbuka. Selain itu, elektrolit kalium, natrium dan magnesium dalam air kelapa juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Melansir Only My Health, ahli gizi juga menyarankan meminum air kelapa saat berolahraga. Pasalnya, air kelapa dianggap membantu menghidrasi tubuh.

3. Bebas lemak dan kolesterol

Air kelapa mengandung 94 persen air dan benar-benar bebas lemak dan bebas kolesterol. Air kelapa juga aman bagi sebagian besar orang bila dikonsumsi sebagai minuman. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, air kelapa juga bisa menyebabkan kadar kalium dalam darah terlalu tinggi.

4. Mencegah batu ginjal

Tetap terhidrasi adalah kunci untuk mencegah batu ginjal. Minum air kelapa, sebagai bagian dari diet seimbang, membantu memberikan kelegaan karena menghilangkan semua racun dari tubuh.

Sebuah studi pada 2018 juga menunjukkan bahwa air kelapa meningkatkan pembuangan kelebihan kalium, klorida, dan sitrat dalam urine.

5. Kulit lebih sehat

Air kelapa membantu dalam melawan jerawat karena sifat antimikrobanya. Sebuah studi pendahuluan pada 2017 juga menunjukkan bahwa minum air kelapa dapat membantu sistem antioksidan dengan menetralkan efek radikal bebas dalam tubuh.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com