Teh campur jeruk rupanya mengandung nutrisi beragam, mulai dari vitamin C sampai antioksidan. Kandungan nutrisi itu pun cocok untuk membantu turunkan berat badan.

Buahan-buahan citrus dikenal menawarkan nutrisi terbaik untuk kesehatan tubuh. Jeruk misalnya, mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah ini tidak hanya bisa dimakan secara utuh atau dijadikan jus, tetapi juga diminum sebagai teh jeruk hangat yang penuh khasiat. Racikan teh jeruk terdiri dari kulit jeruk atau jus jeruk dicampur dengan teh hitam.

Minuman ini pun kaya akan vitamin C, flavonoid, dan polifenol yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Minum teh jeruk baik untuk menjaga kesehatan, termasuk kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan, sampai meningkatkan suasana hati.

Kabar baiknya, teh jeruk yang menyegarkan ini juga baik untuk menjaga berat badan. Banyak orang akhirnya membicarakan teh jeruk ini, sampai-sampai menjadi viral.

Lantas, apa yang membuat teh jeruk istimewa? Berikut alasannya, seperti dirangkum dari Times of India (14/02).

1. Mengapa harus teh jeruk?

Rutinlah Konsumsi 5 Teh Ini Agar Kulit Glowing dan MulusTeh jeruk bisa dikonsumsi karena mengandung khasiat melimpah. Foto: Getty Images/iStockphoto/kuppa_rock

Seperti yang disinggung sebelumnya, jeruk merupakan buah kaya vitamin, mineral, serat, hingga antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Nutrisi jeruk juga dapat mempercepat kesehatan metabolisme dan juga membantu mengurangi stres oksidatif.

Secara alami minum teh jeruk juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, dan dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Jeruk kaya akan vitamin C yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sampai meningkatkan produksi kolagen. Kombinasi teh dan jeruk juga dapat membantu peningkatan pencernaan.

Rasa dan aroma teh jeruk yang menyegarkan juga membantu meningkatkan suasana hati.

Teh jeruk bisa dibuat dengan menyiapkan buah jeruk yang sudah dicuci bersih dengan air mengalir. Ini perlu dilakukan untuk menghilangkan kotoran atau residu.

Dengan menggunakan pisau tajam, kupas kulit jeruk dengan hati-hati.

Setelah itu, rebus air sampai mendidih. Tambahkan kulit jeruk dan kantong atau daun teh hitam. Biarkan ini terendam selama tiga menit.

Ambil kulit jeruk dan tambahkan 2 sendok makan jus jeruk segar. Tuangkan ke gelas, dan teh jeruk siap dinikmati.

2. Kaya akan vitamin C

10 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin Beserta Saran Porsi yang TepatJeruk mengandung banyak khasiat, mulai dari vitamin C flavonoid, sama banyak mineral. Foto: Getty Images/MmeEmil

Teh jeruk menyehatkan karena pada dasarnya, jeruk kaya vitamin C dan antioksidan kuat yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Saat membuat teh menggunakan kulit jeruk atau jus, kamu tentu bisa mendapat manfaat vitamin C-nya. Vitamin ini mampu mendukung fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Flavonoid

Jeruk juga mengandung flavonoid, berupa sekelompok antioksidan yang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

Flavonoid dikenal mampu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan peningkatan fungsi kognitif.

Menyeduh teh dengan kulit atau irisan jeruknya dapat membantu mengekstrak senyawa bermanfaat ini.

4. Polifenol

Manfaat Minum Teh HangatKonsumsi teh hangat juga kaya antiokdisan yang baik untuk kesehatan jantung. Foto: Getty Images/iStockphoto/WiroKlyngz

Selain jeruk, daun teh sendiri kaya akan polifenol, kelompok antioksidan lain yang dikaitkan dengan banyak manfaat sehat.

Kandungan polifenol dapat meningatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan metabolisme.

Menggabungkan daun teh dengan rasa jeruk juga menambah sedikit lapisan ekstra antioksidan polifenol pada minumanmu.

5. Mampu menghidrasi tubuh

Hidrasi tubuh tentu harus dijaga. Sebab, tubuh yang terhidrasi dapat memastikan kesehatan secara keseluruhan.

Minum teh jeruk juga dapat berkontribusi pada asupan cairan harian. Selain membantu tubuh terhidrasi, ini juga sekaligus memberikan manfaat antioksidan.

Dengan kandungan-kandungan ini, teh jeruk cocok dinikmati pelaku diet, terutama mereka yang sekaligus ingin meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom