Jakarta – Memiliki rumah dengan luas yang tidak terlalu besar membuat pemiliknya harus berhati-hati agar rumah tidak terasa sempit. Salah memilih warna misalnya, akan membuat ruangan yang sudah kecil secara ukuran, akan terlihat semakin sempit.
Untuk itu, kamu para pemilik rumah harus mengetahui warna-warna apa saja yang perlu dihindari agar ruangan di rumah kamu yang kecil jadi terlihat makin sempit.

Dilansir dari The Good Painter, Senin(26/2/2024), sedikitnya ada 5 warna cat yang harus kamu hindari.

2.Putih cerah

Mengecat dan mendekorasi ruangan dengan warna putih cerah bukan pilihan yang tepat. Warna ini membuat ruangan terlihat kotak dan hambar. Warna putih cerah bisa menimbulkan perasaan gelisah yang banyak dialami oleh orang di rumah sakit.
Tentu saja hal ini tidak mau kamu rasakan setiap hari, kan. Tapi kalau memang warna favoritmu itu putih, kamu bisa mengecat interior kamu dengan warna putih kapur.

3.Merah

Warna merah memang pilihan yang tepat untuk mendekorasi agar terlihat lebih hidup. Tapi, kalau ruangannya kecil akan membuat ruangan terasa tidak nyaman dan tidak menyenangkan.
Warna merah cerah mungkin terlihat agresif, bisa menyebabkan sakit kepala dan membuat ruangan terlihat lebih kecil. Sedangkan warna merah gelap membuat ruangan lebih energik dan ramah.

Karena merah adalah warna cerah, selalu lebih mudah mengaplikasikan warna ini ke dalam ruangan sebagai dekorasi dan aksesoris saja. Hal ini memudahkan untuk menyeimbangkan warna pada ruangan, namun harus digunakan dengan hati-hati.

4.Oranye cerah dan kuning

Warna-warna cerah cenderung mengalihkan perhatian dari furnitur dan aksesori, juga sering kali terasa berbahaya dan mengkhawatirkan. Meskipun merupakan warna ceria untuk kamar anak, di ruangan kecil warna ini bisa melelahkan dan menegangkan mata dengan cepat.
Warna-warna cerah seperti ini juga mempersulit mencari dekorasi pelengkap dan juga memancing rasa stres. Selain itu, warna kuning biasa digunakan sebagai teknik jualan saat mengecat dekorasi restoran cepat saji. Karena dikatakan bisa membuat orang merasa lapar.
5.Warna netral yang salah

Warna netral dengan undertone yang aneh – terkadang warna ruangan bergantung pada cahaya alami, posisi ruangan, dan lingkungan luar.
Warna netral adalah kombinasi kaya warna lain dengan rona pink, oranye, biru, dan hijau yang mungkin berbenturan dengan pilihan dekorasi interior, furnitur, dan aksesori kamu.

Warna-warna ini juga paling sulit dipilih saat mengecat dan mendekorasi. Kamu disarankan menggunakan contoh warna dan meminta tukang cat untuk mengecat langsung ke dinding properti kamu.

6.Warna tren atau “warna tahun ini”

Kamu pasti pernah membeli dan memakai barang-barang yang sedang tren. Tapi, rumah kamu adalah milikmu. Jadi, harus mencerminkan kepribadian kamu dan selaras dengan selera kamu. Melihat gambar interior yang indah di media sosial dan Pinterest bisa membingungkan.
Karena sulit untuk mengetahui apakah kamu benar-benar menyukai warna tersebut atau hanya karena kamu sering melihatnya di mana-mana. Penting untuk diingat bahwa kamu akan memerlukan dekorasi untuk melengkapi warna merah jambu terbaru musim ini.

Tren berubah dengan cepat; apakah kamu benar-benar suka warnanya dan bersedia menghabiskan waktu bertahun-tahun melihat warna tren yang musiman?

Editor: PARNA

Sumber: .detik.com