Beberapa penerbangan, ada yang memperbolehkan penumpangnya membawa benda cair. Biasanya, minuman yang dibawa penumpang itu seperti kopi, teh, susu, maupun minuman oats. Namun, terkadang kapasitasnya sangat dibatasi.

Oleh sebab itu, ada seorang pramugari yang berinisiatif untuk memberikan tips membawa benda cair dalam penerbangan ke pengikutnya, melalui akun TikToknya @Jetsetting_skates. Simak selengkapnya.

Trik Membawa Cairan/Minuman di Pesawat Udara
“Jika kalian menyukai susu, atau jenis bahan apa pun, ambillah kantong ASI dan taruh cairan Anda ke dalamnya, tidak akan tumpah,” ujar pramugari yang diketahui bernama Seymon Kates.

Ia pun mendemonstrasikan trik untuk mengisi sebuah kantong dengan susu oat dalam postingan video dengan caption “A travel hack from a flight attendant if you like to meal prep like i do grab some milk breast bag and fill up your liquids.” (Travel hack dari pramugari jika Anda ingin menyiapkan makanan (minuman) seperti saya dengan memasukkan cairan ke dalam kantong ASI).

Kemudian ia menutupnya dengan tangan, lalu membalikkan kantong tersebut untuk menunjukkan tidak ada cairan yang tumpah. Menariknya, kantong tersebut merupakan kantong ASI yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan minuman lain.

“Jika kamu suka menyiapkan makanan seperti saya, ambillah beberapa kantong ASI dan isi cairan milikmu,” tulis Kates dalam keterangan videonya, sambil menunjukkan dia menuangkan susu almond ke dalam kantong ASI.

Dilansir dari laman New York Post, Seymon Kates mengatakan dirinya bekerja untuk Delta Airlines, salah satu maskapai penerbangan besar Amerika Serikat.

Berdasarkan Transportation Security Administration rules United States, cairan, gel, dan aerosol diperbolehkan dibawa dalam bagasi jinjing, kalau dimasukkan ke dalam wadah yang beratnya tidak lebih dari 3,4 ons.

“Aturan 3-1-1 TSA – yang diberlakukan pada tahun 2006 menyusul kegagalan rencana teroris untuk meledakkan bahan peledak cair di penerbangan trans-atlantik, menyatakan bahwa bawaan cairan seberat 3,4 ons yang dibawa oleh seorang penumpang dalam suatu penerbangan harus dimasukkan ke dalam satu tas berukuran 1 liter,” terang Seymon ketika dimintai komentar NY Post, dalam berita yang diterbitkan (03/01/2024) lalu.

Persyaratan tersebut juga meliputi pasta gigi, obat kumur, sampo, kondisioner, tabir surya, body spray, atau losion.

Aksi Seymon memanglah sederhana, namun banyak pengikutnya yang kaget sekaligus mengapresiasi tips yang diberikannya.

“Kamu baru saja menunjukkan padaku dunia yang benar-benar baru. Saya suka ini,” tulis seorang warganet dalam komentar postingannya.

“Mengubah hidup. Ini akan menghemat banyak ruang di kotak makan siangku,” kata pengguna TikTok lainnya.

Aturan Membawa Cairan di Pesawat Domestik
Membawa cairan di penerbangan domestik atau di dalam negeri itu diperbolehkan. Hal tersebut mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/43/III/ 2007 Tentang Penanganan Cairan, Aerosol, dan Gel yang Dibawa Penumpang ke Dalam Kabin Pesawat Udara Pada Penerbangan Internasional.

Pasal 1 dalam Perdirjen Perhubungan Udara tersebut disebutkan, “Penumpang pesawat udara dapat membawa cairan, aerosol, dan gel (liquids, aerosols, and gels) ke dalam kabin pesawat udara sebagai barang bawaan untuk keperluan sendiri.”

Ada beberapa aturan mengenai cairan, aerosol, maupun gel yang dibawa oleh penumpang, di antaranya:

  1. Kapasitas wadah/tempat cairan, aerosol, dan gel maksimum 100 milliliter (ml), atau ukuran sejenis.
  2. Wadah berisi cairan, aerosol, dan gel dimasukkan ke dalam satu kantong plastik transparan berukuran 30 cm x 40 cm, dengan kapasitas cairan, aerosol, dan gel, maksimum 1 liter atau ukuran sejenis, serta disegel ulang.
  3. Setiap calon penumpang pesawat udara hanya diizinkan membawa maksimum satu kantong plastik transparan yang berisi cairan, aerosol, dan gel.

Untuk ketentuan lainnya yang lebih lengkap, traveler bisa membacanya di situs resmi Kementerian Perhubungan.

Walaupun membawa cairan atau minuman diperbolehkan di pesawat domestik, pastikan kamu membawanya lebih hati-hati ya, supaya tidak tumpah.

Semoga beberapa tips membawa cairan di pesawat tadi bisa bermanfaat.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com