Secangkir kopi bakal lebih nikmat jika ditambahkan rempah. Selain memberi rasa khas, penambahan rempah juga memberi ekstra manfaat sehat. Ini dia 10 rempah terbaik untuk dipakai!

Banyak orang mengawali hari dengan menyeruput secangkir kopi. Minuman berkafein ini juga jamak dinikmati siang menuju sore untuk membangkitkan semangat.

Rasa kopi saja mungkin membuat beberapa orang bosan. Untuk mengatasinya, coba tambahkan rempah ke dalam kopi. Rempah bisa memberi tambahan aroma dan rasa yang bikin rasa kopi makin nikmat.

Tak hanya itu, rempah memiliki manfaat sehat yang dapat dirasakan oleh peminumnya. Rempah pun jadi alternatif bahan tambahan kopi yang jauh lebih sehat, alih-alih krimer, whipped cream, atau sirup perasa.

Mengutip Well and Good (24/11/2023), inilah 8 rempah terbaik untuk ditambahkan ke secangkir kopi:

1. Kayu manis

Kayu manis banyak dipilih pencinta kopi sebagai rempah penambah aroma dan rasa. Kayu manis memang pas jadi pelengkap rasa kopi yang pahit karena sifatnya menghangatkan sekaligus memberikan wangi yang khas. Pakai bubuk kayu manis sebagai campuran atau topping kopi.

Selain itu, kayu manis terkenal sebagai rempah dengan sejuta manfaat sehat. Kayu manis kaya antioksidan yang dapat melawan inflamasi dalam tubuh.

2. Pala

Tantangan minum biji pala bubuk di TikTokFoto: Istimewa

Untuk menambah rasa dan aroma kopi yang khas, kamu juga bisa memakai pala. Gunakan sedikit saja bubuk pala untuk dapat manfaat sehat juga. Komposisinya kira-kira satu sendok teh bubuk pala untuk secangkir kopi hitam biasa.

Seperti kayu manis, pala bersifat menghangatkan. Bonusnya, konsumsi pala dapat meningkatkan kesehatan liver, melawan inflamasi, dan bersifat antimikroba juga.

3. Mint

Bagi pencinta es kopi, ada rempah herba yang bisa dipakai untuk melezatkan minumanmu. Coba masukkan daun mint segar ke dalam gelas, lalu hancurkan sebelum kamu menambahkan minuman kopi ke dalamnya.

Daun mint memberikan aroma dan rasa segar yang tajam dan khas. Cita rasa secangkir kopi pun jadi unik. Penambahan daun mint juga berkhasiat menyehatkan pencernaan dan meningkatkan suasana hati.

4. Ekstrak vanilla

Sirup vanillaFoto: Istimewa

Ekstrak vanilla jadi pilihan rempah lain untuk meningkatkan cita rasa kopi. Rasanya yang kuat paling pas dipadukan dengan cappuccino atau latte. Tambahkan sedikit saja ekstrak vanilla agar tak menutupi rasa kopi.

Alhasil, seduhan kopimu akan terasa kaya dan teksturnya creamy. Pastikan memilih ekstrak vanilla yang dibuat dari vanilla asli, jangan yang imitasi karena efeknya juga pasti berbeda.

5. Cengkih

Selain terkenal dengan sifat antiinflamasi-nya, cengkih atau cengkeh juga menghadirkan rasa mewah pada secangkir kopi. Kamu dapat menambahkan satu biji cengkih utuh ke dalam gelas kopi atau menambahkannya ke kopi bubuk untuk menginfus rasanya.

Cengkih akan memberikan sensasi rasa hangat, manis, dan agak pedas pada racikan kopi hitam. Kamu juga dapat memakai cengkih bubuk untuk pilihan lebih praktis.

6. Kapulaga

A wooden bowl with cinnamon, nutmeg, cardamom, pink peppercorns and cloves on a rustic wooden table.Foto: iStock

Punya kapulaga di rumah? Coba jadikan bahan tambahan kopi. Rempah yang kaya senyawa antiinflamasi ini memiliki aroma dan rasa floral yang ringan dan manis.

Kapulaga cocok ditambahkan ke racikan kopi panas maupun es kopi. Jenis yang dipakai bisa kapulaga bubuk untuk dijadikan topping minuman atau kapulaga utuh yang ditambahkan ke biji kopi sebelum digiling.

7. Jahe

Tak hanya dibikin wedang, jahe juga enak ditambahkan ke kopi. Gunakan bubuk jahe untuk mendapatkan rasa kuat dan intens. Aroma dan rasa jahe yang khas memberikan warna tersendiri untuk racikan secangkir kopimu.

Bonusnya, menambahkan jahe berarti menambahkan manfaat sehat pada kopi. Jahe bersifat antiinflamasi dan mendukung imunitas tubuh agar lebih kuat.

8. Bubuk cabe

Gochugaru, Bubuk Cabe Khas Korea yang Pedasnya KhasFoto: Getty Images/iStockphoto/woyzzeck

Siapa sangka kalau bubuk cabe bisa menambah rasa dan manfaat minuman kopi. Bubuk cabe memberi sengatan hangat dan rasa agak pedas untuk kopi.

Bubuk cabe juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Di China bahkan sedang tren es kopi susu yang ditambahkan topping bubuk cabe dan irisan cabe utuh.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom