Penyanyi Taylor Swift berada di landasan bandara bisnis Las Vegas, Amerika Serikat (AS) pada hari-hari menjelang Super Bowl LVIII. Jet pribadi yang mengangkutnya pada tahap terakhir perjalanan maraton dari Tokyo, Jepang, adalah salah satu dari banyak pesawat jet pribadi yang terbang ke Las Vegas selama akhir pekan.

Seperti dilansir Washington Post, menurut pelacak penerbangan bisnis WingX, setidaknya ada 882 pesawat jet pribadi yang terbang ke Las Vegas selama akhir pekan lalu, tempat Super Bowl digelar.

Super Bowl adalah pertandingan final American Football yang berlangsung di akhir musim pertandingan NFL di Amerika Serikat. Dua tim terbaik dari masing-masing divisi (disebut conference) bertanding untuk memperebutkan Piala Vince Lombardi.

Jumlah total 882 jet pribadi tahun ini adalah yang tertinggi kedua untuk Super Bowl. Pertandingan tahun lalu di Glendale, Arizona, AS, memegang rekor dengan 931 penerbangan pribadi sejak perusahaan mulai melacaknya pada tahun 2006.

Peristiwa besar cenderung menarik banyak pesawat jet pribadi. Hampir 1.000 jet terbang ke Las Vegas untuk balapan Formula 1 pada bulan November lalu, menurut WingX. Lebih dari 1.000 orang terbang untuk menghadiri pertemuan puncak kepemimpinan dunia di Davos pada tahun 2022.

Menurut Federal Aviation Administration, kedatangan jet pribadi di Super Bowl tahun ini mengancam akan membebani empat bandara di sekitar Las Vegas yang melayani jet pribadi, yang hanya memiliki cukup ruang parkir untuk sekitar 500 pesawat.

Pejabat penerbangan di Clark County, markas Las Vegas, mengatakan sebelum pertandingan bahwa mereka memperkirakan “banyak operasi drop-and-go,” di mana sebuah jet pribadi akan mendarat, menurunkan penumpangnya dan kemudian terbang lagi. Lalu, jet pribadi itu baru kembali ke bandara sampai dipanggil lagi untuk penerbangan pulang.

Terbang dengan jet pribadi adalah cara bepergian yang paling menimbulkan polusi karbon. Jet pribadi menghasilkan emisi lima hingga 14 kali lebih banyak per penumpang dibandingkan pesawat komersial dan 50 kali lebih banyak dibandingkan kereta api, menurut kelompok nirlaba transportasi ramah lingkungan Eropa, Transport & Environment.

Misalnya, perjalanan pertama Taylor Swift, saat penyanyi tersebutterbang dari Tokyo ke Los Angelesdengan pesawat Bombardier Global 6000, menurut pelacak penerbangan online, mungkin menghasilkan lebih dari 50 ton emisi karbon, berdasarkandata konsumsi bahan bakardari perusahaan swasta pialang jet Guardian Jet. Jumlah tersebut lebih banyak daripada jumlah rata-rata emisi karbon yang dihasilkan oleh tiga orang AS pada tahun 2024.

Taylor Swift adalah orang paling terkenal dari ratusan orang kaya yang terbang ke Las Vegas dengan jet pribadi. Berdasarkan data dari Airbus Corporate Jets, hampir dua pertiga dari jet pribadi di dunia, atau sekitar 15.000 pesawat, terdaftar di Amerika Serikat. Sebagian besar penumpang mereka terbang di bawah radar dan sedikit pengawasan publik.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com