Banyak orang yang mungkin merasa lapar pada malam hari dan memutuskan makan sebelum tidur. Padahal, sejumlah makanan ini sebaiknya dihindari karena berbahaya dikonsumsi di malam hari.

Merasa lapar sebelum tidur sering kali dialami oleh siapa saja. Tak jarang pula kita mengharuskan diri untuk makan di malam hari agar bisa tidur dengan nyenyak.

Hal ini tentulah wajar. Pasalnya, mengutip Mind Body Green, ahli diet Julie Stefanskie mengatakan, tidur dengan perut kosong dapat mengaktifkan hormon kortisol atau hormon stres.

Namun, di sisi lain, mengonsumsi makanan tertentu terlalu dekat dengan waktu tidur juga dapat mengganggu kualitas tidur seseorang. Tak cuma itu makan terlalu malam juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah makanan berbahaya jika dikonsumsi di malam hari yang sebaiknya Anda hindari.

1. Makanan pedas
Makanan pedas bisa mengganggu pencernaan di tengah malam bahkan saat Anda terlelap. Selain itu, makanan pedas juga mengandung capsaicin dalam jumlah tinggi, fitokimia yang meningkatkan metabolisme dan termogenesis (pembakaran kalori untuk panas), yang juga dapat mengganggu tidur sebagian orang.

Psikiater nutrisi Uma Naidoo pernah menjelaskan bahwa, “Mengonsumsi 2,5 miligram capsaicin setiap kali makan (7,68 mg/hari) terbukti dapat mengembalikan keseimbangan energi dalam tubuh.”

2. Alkohol
Meminum alkohol di malam hari tepat sebelum tidur dapat memberikan efek sebaliknya jika Anda ingin mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Menukil CNet, Anda mungkin tertidur lebih cepat karena minum alkohol atau merasa lebih lelah.

Namun, perubahan kadar alkohol dalam darah sepanjang malam dapat menyebabkan gangguan tidur. Penggunaan alkohol dalam jumlah besar bahkan sangat terkait dengan insomnia.

3. Makanan berlemak
Dengan mengonsumsi makanan berlemak di malam hari, sistem pencernaan akan terus bekerja hingga larut malam untuk memecah dan mencernanya sehingga mengganggu tidur.

Inilah sebabnya para ahli menyarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan berlemak di malam hari.

4. Soda dan kopi
Minuman berkarbonasi seperti soda dan kopi yang berkafein juga termasuk makanan berbahaya jika dikonsumsi di malam hari. Kedua minuman ini bisa membuat Anda tetap terjaga meski badan terasa lelah dan butuh istirahat.

Selain itu, minuman berkarbonasi juga bisa mengganggu pencernaan.

5. Makanan berat
Stefanki menambbahkan Anda harus menghindari makan makanan apa pun dalam jumlah besar sebelum tidur. Mencoba tertidur dengan perut kenyang jauh dari kata nyaman, dan melanjutkan pencernaan sepanjang malam membutuhkan energi.

Makan siang dalam jumlah besar dan makan malam lebih ringan cenderung membantu meningkatkan kualitas tidur. Anda bahkan dapat mempertimbangkan makan dengan batasan waktu, yang telah terbukti membantu orang tidur sepanjang malam.

Itulah 5 makanan berbahaya untuk dikonsumsi di malam hari. Sebaiknya dihindari untuk mencegah dampak buruknya.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com