Klub-klub peserta Liga Champions 2023/2024 komplet setelah babak kualifikasi rampung pada Kamis (31/8/2023) dini hari WIB.

PSV Eindhoven, Royal Antwerp, dan FC Copenhagen jadi tiga tim terakhir yang melengkapi 32 klub sebagai peserta putaran final Liga Champions musim ini.

Pada leg kedua babak kualifikasi terakhir, PSV membantai Rangers 5-1 guna menang agregat 7-3. Antwerp menang 2-1 atas AEK Athens guna menang agregat 3-1. Sementara Copenhagen menang agregat 2-1 atas Rakow Czestochowa usai bermain imbang 1-1 di leg kedua.

Sebelum PSV, Antwerp, dan Copenhagen, Galatasaray serta Braga jadi dua klub yang lolos dari kualifikasi ke babak grup.

Selanjutnya lima tim dari babak kualifikasi ini akan beradu nasib dengan klub-klub yang secara otomatis meraih tiket ke Liga Champions 2023/2024.

Klub-klub tersebut adalah mereka yang juara-juara di liga-liga top Eropa dan yang berdasarkan koefisien, serta yang masuk ke peringkat terbaik.

Dari Liga Inggris, Manchester City (juara liga/juara bertahan), Manchester United, Arsenal, dan Newcastle United jadi tim yang langsung ke babak grup.

Liga Spanyol jadi penyumbang klub terbanyak untuk Liga Champions musim ini, dengan lima klub. Selain Barcelona (juara liga), Real Madrid, Atletico Madrid, dan Real Sociedad, wakil Spanyol bertambah dengan Sevilla sebagai juara Liga Europa.

Italia juga menyumbang empat klub: Napoli (juara), Lazio, Inter Milan, dan AC Milan. Disusul dengan Jerman dengan jumlah yang sama: Bayern Munchen (juara), Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan Union Berlin.

Liga Prancis menempatkan dua klub: Paris Saint-Germain (juara) dan Lens. Portugal punya tiga wakil: Benfica (juara), FC Porto, serta Braga.

Feyenoord dan PSV jadi dua wakil dari Belanda. Selebihnya masing-masing satu tim dari Ukraina (Shakhtar Donetsk), Austria (RB Salzburg), Serbia (Red Star Belgrade), Denmark (Copenhagen), Swiss (Young Boys), Turki (Galatasaray), Skotlandia (Celtic), dan Belgia (Antwerp).

Selanjutnya klub-klub peserta akan menjalani drawing babak grup Liga Champions pada Kamis (31/8). Babak grup sendiri akan dimulai pada 19 dan 20 September waktu setempat.

Daftar 32 Klub Peserta Liga Champions 2023/2024:

Inggris: Manchester City, Manchester United, Arsenal, dan Newcastle United

Spanyol: Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Real Sociedad, Sevilla

Italia: Napoli, Lazio, Inter Milan, dan AC Milan

Jerman: Bayern Munchen, Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan Union Berlin

Portugal: Benfica, FC Porto, serta Braga

Prancis: PSG dan Lens

Belanda: Feyenoord dan PSV

Ukraina: Shakhtar Donetsk

Austria: RB Salzburg

Serbia: Red Star Belgrade

Denmark: Copenhagen

Swiss: Young Boys

Turki: Galatasaray

Skotlandia: Celtic

Belgia: Antwerp

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com