Sebanyak 132 orang siswa-siswa SMA Ananda Batam bersama 13 orang guru pengawas melakukan Fieldstudy ke Museum Sejarah “Raja Ali Haji” Batam dan Pantai Nongsa, Batam Selasa (22/8/2023).

Fieldstudy ini merupakan tugas project mapel Sejarah, Bahasa Infonesia dan Biologi. Kegiatan ini  berguna untuk menunjang pengetahuan siswa SMA Ananda dalam proses belajar dan mengajar (PBM) di sekolah Ananda.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar siswa siswi sma ananda batam mengetahui sejarah awal terbentuk dan tersusunnya Pemerintahan Kota Administratif  Batam serta Zuriat Nong Isa dan Kerajaan Riau Lingga,” tutur Aldawiyah Indriani,S.Pd  guru mata pelajaran Sejarah SMA Ananda, Selasa (22/8/2023).

Penyerahan vandel kenangan dari Sekolah Ananda yang diwakili Ibu Maitin Fatma M.Pd sebagai Waka Kurikulum SMA Ananda kepada pihak museum sejarah Raja Ali Haji Batam yang wakili Raja Zainuddin sebagai Pemandu Museum Sejarah.

Sementara itu, Ir.Hasurungan Tobing, guru mata pelajaran Biologi dan sekaligus kordinator Filedstudy SMA Ananda Tahun 2023 di pinggir pantai Nongsa  memaparkan bahwa sebagai negara tropis Indonesia memiliki hutan tropis (tropical rain forest) yang terluas ketiga setelah negara Brazil dan Zaire.

Foto bersama guru pengawas dan siswa SMA Ananda di Pantai Nongsa Batam. (Istimewa)

Indonesia termasuk negara tropis yang memiliki beragam ekosistem dan tingkat keanekaragaman (Biodiversity) yang tinggi sehingga negara Indonesia disebut sebagai negara Mega Biodiversity (flora dan fauna).

Foto bersama Ir.Hasurungan Tobing sebagai Kordinator Fieldstudy siswa SMA Ananda di ruang Museum Sejarah Batam. (Istimewa)

“Komponen biotik pada ekosistem darat alamiah lebih banyak dibanding dengan ekosistem darat buatan. Karena pada ekosistem darat alamiah jumlah populasi dan jenis makhluk hidupnya terus berkembang dan tidak dapat dikendalikan oleh manusia,” pungkas Hasurungan Tobing.

Editor: PARNA