Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kader untuk memperkuat dukungan basis massa di akar rumput. Instruksi tersebut diberikan untuk merespons keputusan Golkar dan PAN yang mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Seruan itu diungkap oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. Ia menyebut pada awalnya Megawati menanyakan apakah dirinya melihat acara peresmian tersebut.

“Ibu bertanya kepada saya ‘kamu lihat acaranya tidak?’ ‘saya lihat Ibu’. Apakah arahan Ibu dalam menyikapi kerja sama partai politik?’,” kata Hasto menirukan ucapan Megawati saat memberikan sambutan di acara penerimaan penghargaan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/8).

“Dijawab Ibu adalah, ‘perkuat akar rumput. Turun ke bawah bersama dengan rakyat,” Hasto menambahkan.

Hasto mengatakan instruksi itu juga mencerminkan PDIP sebagai partai yang lebih menitikberatkan kekuatan di akar rumput dibandingkan kekuatan di tingkat elite. Lebih lanjut, Hasto pun merespons santai soal kekuatan koalisi Prabowo yang semakin besar dengan bergabungnya PAN dan Golkar.

Hasto menilai peristiwa itu sekadar sejarah yang berulang dengan merujuk pada Pilpres 2014. Saat itu, Prabowo tetap takluk oleh Jokowi meski didukung lima partai.

“Ya, apa yang terjadi kan merupakan pengulangan dari 2014,” kata Hasto.

Diketahui, kini Prabowo telah didukung oleh 5 partai politik yakni Gerindra, PKB, PBB, Golkar, dan PAN.

Golkar dan PAN menjadi dua partai teranyar pendukung Prabowo. Keduanya baru saja menggelar deklarasi dukungan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, pada Minggu (13/8) lalu.

Di lain sisi, Ganjar sebagai bakal capres dari PDIP telah mendapat dukungan dari PDIP, Hanura, Perindo dan PPP.

Editor: PARNA

Sumber:  cnnindonesia