Siapapun mendambakan umur panjang dan tubuh yang sehat. Tak perlu melakukan hal rumit, simak 6 cara mudah memperpanjang umur dalam waktu kurang dari 10 menit setiap harinya.

Usaha mendapatkan umur panjang rupanya bisa dilakukan secara rutin namun tak memakan banyak waktu.

Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa beberapa kebiasaan sehari-hari yang sederhana, termasuk olahraga, makan sehat, mempertahankan hubungan sosial, dan mengurangi stres dapat memperpanjang umur Anda selama puluhan tahun.

Memasukkan sejumlah kebiasaan ini dalam rutinitas Anda, bisa jadi “investasi” jangka panjang yang cukup dilakukan beberapa menit dalam setiap harinya.

Menukil Insider, berikut ini 6 cara mudah memperpanjang umur yang hanya butuh kurang dari 10 menit dalam sehari.

1. Aktif bergerak
Bukan rahasia lagi bahwa aktivitas fisik secara teratur adalah bagian penting dari gaya hidup sehat, dan banyak bukti menunjukkan bahwa tidak kurang bergerak bisa meningkatkan risiko sejumlah penyakit.

Pedoman biasanya merekomendasikan setidaknya 150 menit olahraga sedang per minggu, 75 menit olahraga intens, atau kombinasi keduanya.

Meski demikian, semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa Anda dapat memperoleh beberapa manfaat kesehatan dari olahraga tanpa menghabiskan waktu berjam-jam di gym. Dengan beristirahat sejenak untuk bangun dan bergerak sepanjang hari, bahkan jika Anda hanya menambahkan beberapa ribu langkah.

Sebuah studi pada 2022 di Nature Medicine menemukan bahwa total sekitar empat hingga enam menit gerakan memompa jantung, yang dilakukan sepanjang hari, cukup untuk menurunkan risiko kematian dini.

Studi lain menemukan bahwa gerakan singkat yang serupa setiap harinya dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker.

Sementara studi pada Maret 2023 di British Journal of Sports Medicine menemukan risiko kematian dini yang lebih rendah dikaitkan dengan latihan aerobik sesedikit 11 menit seperti berjalan, pekerjaan rumah tangga yang berat, atau menari.

2. Latih otot dengan short plank atau wall sit
Banyak manfaat kesehatan terkait latihan aerobik yang membuat jantung Anda terpompa, tetapi otot kuat dan sehat sama pentingnya untuk penuaan yang sehat.

Sebuah penelitian pada 2022 di British Journal of Sports Medicine menemukan kombinasi antara kardio dan latihan kekuatan (strength) mungkin ideal untuk mendapatkan umur panjang dan sehat.

Angkat beban bukanlah satu-satunya cara yang baik untuk membentuk otot. Latihan seperti wall sit dan plank terbukti dapat menurunkan tekanan darah selain bermanfaat untuk kekuatan otot.

Jenis gerakan yang dikenal sebagai latihan isometrik ini juga berdampak rendah pada persendian.

3. Camilan karbohidrat sehat
Nutrisi yang baik adalah faktor kunci lain dalam hidup sehat dan panjang umur. Meski demikian, Anda tak perlu langsung merombak kebiasaan makan Anda sehari-hari.

Alih-alih menerapkan diet ketat, ahli diet merekomendasikan untuk menambahkan lebih banyak makanan ke dalam diet Anda dalam bentuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang kaya karbohidrat.

Makanan nabati utuh kaya akan vitamin dan mineral serta serat, sejenis karbohidrat yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit mematikan seperti kanker usus.

Beberapa orang yang berumur panjang di dunia makan banyak makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran.

Untuk menambah nutrisi tanpa persiapan ekstra, pilihlah camilan sehat seperti beri dengan cokelat hitam, campuran buah dan kacang kering, atau keju cottage dengan sayuran dan kerupuk gandum.

4. Nikmati secangkir kopi atau teh
Ada bukti bahwa mikronutrien nabati lainnya seperti polifenol dan antioksidan juga dapat memberikan efek perlindungan terhadap penyakit kronis.
Beberapa sumber nutrisi terkaya ini mungkin sudah ada di dapur Anda dalam bentuk minuman favorit atau camilan manis, misal kopi atau teh.

Kopi mengandung banyak senyawa yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit lainnya. Teh hijau dan teh hitam penuh dengan zat bermanfaat yang sama, jadi secangkir minuman favorit Anda di sore hari pasti baik untuk kesehatan.

5. Bergaul dengan orang tersayang
Salah satu sumber mengejutkan dari masalah kesehatan yang sedang berlangsung di AS adalah kurangnya hubungan sosial. Bukti baru menunjukkan bahwa kesepian mungkin sama buruknya bagi kesehatan jangka panjang Anda seperti halnya merokok.

Meskipun dibutuhkan kerja keras untuk menjaga hubungan baik, komunikasi teratur adalah kuncinya, menurut para ahli.

Karena itu, cara ilmiah seperti meluangkan waktu untuk bersama orang terkasih membantu Anda memperoleh umur panjang.

6. Bernapas dalam-dalam
Stres berlebih dapat memperburuk kesehatan jantung serta mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Meskipun Anda mungkin tidak dapat menghilangkan setiap sumber stres dalam hidup, menurut sains, ada teknik untuk dapat mengelola stres lebih baik.

Bernapas, atau mengambil waktu sejenak untuk fokus pada tarikan dan hembusan napas, telah terbukti menjadi strategi yang efektif untuk mengurangi stres.

Hanya lima menit sehari latihan pernapasan dapat memberikan kelegaan penting dari stres sehari-hari, dan bahkan menurunkan tekanan darah Anda.

Itulah 6 cara mudah memperpanjang umur yang bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 10 menit setiap harinya.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com