Permasalahan rambut rontok dapat diatasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Berikut bahan alami untuk rambut rontok.

Kerontokan rambut bisa terjadi pada pria dan wanita karena beragam faktor. Penyebabnya antara lain, ketidakseimbangan hormon, jamur pada kulit kepala, stres, penyakit autoimun, hingga kekurangan nutrisi.

Apabila dibiarkan tanpa dibarengi perawatan, lama-kelamaan rambut akan menipis bahkan berisiko mengakibatkan kebotakan.

Perawatan dengan bahan alami untuk rambut rontok dapat menjadi solusi agar terhindar dari kebotakan. Selain bahannya mudah didapat, kamu juga dapat melakukannya sendiri di rumah.

Bahan Alami untuk Rambut Rontok

Perawatan untuk rambut rontok secara alami bisa menjadi pilihan. Selain terbebas dari bahan kimia, pasalnya tidak semua orang cocok dengan produk perawatan yang dijual di pasaran.

Berikut sejumlah bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi atau mengurangi kerontokan.

1. Lidah buaya
Sejak lama lidah buaya digunakan untuk mengatasi kerontokan. Lidah buaya dipercaya dapat menenangkan kulit kepala dan memperbaiki kondisi rambut.

Selain itu, lidah buaya juga berfungsi untuk mengurangi ketombe dan membuka folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh minyak berlebih.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan rambut beberapa kali dalam seminggu. Kamu juga bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya.

2. Minyak kelapa
Minyak kelapa telah lama dipercaya memiliki manfaat untuk rambut. Minyak kelapa mengandung asam lemak yakni asam laurat yang mampu menembus ke batang rambut serta mencukupi kebutuhan protein rambut.

Studi tahun 2021 melaporkan bahwa minyak kelapa membantu memperkaya mikrobioma kulit kepala dan membuatnya sehat.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang minyak kelapa sebagai pendorong pertumbuhan rambut.

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa dan diamkan beberapa jam sebelum mencuci rambut.

3. Lemon
Bahan alami untuk rambut rontok berikutnya adalah lemon. Baik perasan lemon segar maupun minyak lemon diketahui dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut.

Selain itu, minyak lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

Anda bisa menggunakan perasan lemon segar atau minyak esensial lemon sebagai masker rambut. Caranya, oleskan ke kulit kepala dan rambut selama 15 menit sebelum keramas.

4. Jus bawang
Jus bawang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus mengobati kondisi autoimun yang menyerang folikel rambut dan menyebabkan kerontokan.

Untuk mendapat manfaatnya, oleskan jus bawang ke kulit kepala dan rambut lalu biarkan selama 15 menit. Kemudian cuci rambut dengan sampo hingga bersih.

5. Minyak geranium
Geranium adalah tanaman harum yang berasal dari Afrika Selatan. Minyak geranium adalah minyak esensial pekat yang diekstraksi dari daunnya.

Anda bisa menggunakan minyak geranium untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, memperkuat akar, serta memberikan kelembapan.

Caranya, cairkan beberapa tetes minyak esensial geranium dan oleskan langsung ke rambut. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak geranium ke sampo atau kondisioner.

6. Minyak rosemary
Rosemary adalah minyak esensial yang dikenal mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan.

Penelitian mengungkapkan bahwa minyak rosemary dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dan bahkan dapat digunakan untuk mengobati alopesia androgenetik, dikutip Healthline.

Cara menggunakannya, campur beberapa tetes minyak rosemary dengan seperti minyak argan atau minyak jojoba. Setelah itu, oles ke rambut dan kulit kepala dan pijat sebentar sebelum dibilas.

Anda dapat melakukan perawatan ini 1-2 kali per minggu. Akan tetapi, hindari penggunaan minyak esensial langsung pada kulit untuk mencegah munculnya iritasi.

7. Telur
Kandungan protein yang tinggi pada telur dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi rambut rontok dan memulihkannya dari kerusakan.

Untuk menggunakannya, campur satu telur dan satu sendok makan minyak zaitun. Kemudian diamkan masker telur dengan topi mandi setidaknya selama sepuluh menit. Setelah terserap, bilas dengan sampo dan kondisioner.

Demikian bahan alami untuk rambut rontok yang bisa dicoba di rumah. Semoga berhasil!

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com