Ada beberapa jenis beras yang diyakini aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Beras-beras ini disebut mengandung sedikit gula hingga tak bikin kadar glukosa melonjak setelah disantap.

Lantas, apa saja jenis beras untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi?

Nasi putih kerap dianggap sebagai salah satu penyebab melonjaknya kadar gula darah. Nasi putih pun dianggap sebagai pilihan yang kurang tepat bagi penderita diabetes.

Nasi putih memang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Saat dikonsumsi, karbohidrat ini akan dipecah di dalam tubuh menjadi glukosa. Maka tak heran jika gula darah bisa meningkat saat Anda terlalu banyak makan nasi putih.

Sayangnya, bagi sebagian besar orang Indonesia, makan rasanya tak lengkap tanpa nasi. Sulit rasanya untuk menghilangkan nasi dari daftar menu utama penghilang lapar.

Jenis beras untuk diabetes
Sebagai solusi lebih sehat meski tetap makan nasi, Anda bisa memilih jenis beras tertentu. Berikut beberapa jenis berat untuk pasien diabetes, aman dan tak bikin gula darah melonjak.

1. Beras merah
Beras merah kaya akan serat. Dokter gizi Johanes Casay Chandrawinata mengatakan bahwa kandungan serat tersebut bisa menimbulkan perasaan kenyang yang bertahan lama.

Selain itu, serat juga memperlancar metabolisme dan sistem pencernaan tubuh.

“Beras merah kandungan serat lebih tinggi, makanya lebih lama penyerapannya. Makanya, cocok untuk yang diet atau ingin menurunkan gula darah,” katanya, beberapa waktu lalu.

2. Beras basmati
Beras basmati adalah bahan pokok untuk membuat nasi kebuli. Beras ini juga cocok untuk penderita diabetes. Kandungan magnesium dalam beras ini cukup tinggi.

Magnesium berperan dalam regulasi insulin. Dengan mengonsumsi nasi kebuli, insulin dalam tubuh lebih terkontrol dan gula darah pun bisa dikendalikan.

Beras jenis ini juga bukan jenis beras pulen, melainkan pera dan teksturnya tidak akan berubah setelah dimasak. Hal ini juga yang membuat beras ini aman dikonsumsi penderita diabetes.

3. Beras hitam
Beras hitam mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa satu ini bisa melindungi tubuh dari berbagai jenis kerusakan akibat radikal bebas, termasuk di antaranya penyakit kronis seperti diabetes.

Selain itu, beras jenis ini juga bikin kenyang lebih lama. Makanya, hanya mengonsumsi sedikit saja, Anda terhindar dari rasa lapar yang datang kembali.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com