Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keberagaman hampir di semua sektor. Keberagaman tearsebut bisa dilihat mulai dari perbedaan suku, ras, agama, ideologi dan budaya.

Keberagaman bisa memberikan manfaat tersendiri terhadap jenis lingkungan. Seperti yang akan dibahas berikut ini, yaitu tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah. Yuk, simak penjelasannya sampai selesai!

Apa Itu Keberagaman?

Dikutip dari Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMP/MTs Kelas 9, dijelaskan bahwa keberagaman merupakan suatu kondisi dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang, seperti berbeda suku, ras, agama, ideologi dan budaya. Keberagaman sendiri berasal dari kata ragam.

Keberagaman juga bisa dilihat dari perbedaan sikap, tingkah laki, cara, musik, warna, corak, hingga laras atau tata bahasa. Indonesia merupakan salah satu contoh negara yang paling banyak memiliki keberagaman, dimana terdiri dari banyaknya ragam suku, bahasa daerah, etnis, agama dan masih banyak lagi.

Lantas, apakah keberagaman dan perbedaan akan menimbulkan perpecahan? Belum tentu, bahkan keberagaman ini secara tidak langsung juga membawa banyak manfaat bagi setiap penduduknya.

Tiga Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah

Seperti yang diketahui, keberagaman bisa ada di mana saja, salah satunya adalah lingkungan sekolah. Suatu sekolah bisa saja memiliki keragaman antara siswa dan guru yang mengajar.

Dikutip dari laman SMA Dwiwarna, ada banyak manfaat keberagaman yang bisa dilihat dalam lingkungan sekolah. Namun, berikut adalah tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah:

Dalam lingkungan sekolah, seorang siswa akan bertemu dengan teman-teman atau bahkan guru yang saling memiliki perbedaan satu sama lainnya. Entah itu berbeda agama, suku, etnis, ras, adat istiadat, bahasa, gender dan masih banyak lagi.

Perbedaan-perbedaan inilah yang nantinya akan menumbuhkan sifat saling menghargai satu sama lain di lingkungan sekolah tersebut. Toleransi dan saling menghargai ini tentunya akan membuat lingkungan sekolah yang beragam tersebut bisa terhindar dari potensi-potensi buruk yang berasa dari perbedaan.

2. Memiliki Pemahaman Keberagaman dalam Perbedaan

Perbedaan dan keberagaman akan selalu ada di mana saja, karena hakikatnya Tuhan menciptakan manusia itu saling berbeda satu sama lainnya. Perbedaan yang ada entah itu di sekolah atau dimanapun harus disikapi dengan bijak agar dapat memberi banyak manfaat.

Salah satunya adalah manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, yang membuat seorang siswa tidak harus dibatasi untuk hidup rukun dalam keberagaman di sekolahnya. Semakin seseorang memahami arti keberagaman dan perbedaan, maka akan semakin mudah juga orang tersebut bisa paham dan menerima perbedaan yang ada, salah satunya adalah lingkungan sekolah.

3. Belajar Bersosialisasi

Salah satu manfaat keberagaman di lingkungan sekolah adalah belajar bersosialisasi. Tentu saja perbedaan dan keberagaman yang dilihat oleh para siswa di sekolah menuntut mereka agar lebih bisa untuk bersosialisasi dan berinteraksi antar sesama. Hal ini terjadi karena sekolah merupakan tempat yang di dalamnya terdiri dari banyak siswa dengan ragam suku, etnis, agama hingga bahasa yang berbeda.

Maka dari itu, semakin beragam sebuah lingkungan sekolah akan semakin mempengaruhi proses belajar bersosialisasi para siswanya dalam berinteraksi antar sesama. Hal ini nantinya akan membuat siswa dapat dengan mudah menjalin hubungan sosialisasi dengan orang lain yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

Selain tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah yang di atas, tentunya masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya. Seperti terciptanya toleransi, menambah wawasan budaya seorang siswa, bahkan memperkuat persatuan dan kesatuan dalam sebuah lingkungan sekolah.

Tidak hanya di sekolah, manfaat keberagaman juga bisa ditemukan di lingkungan lainnya. Dalam lingkungan masyarakat misalnya, keberagaman akan memberikan manfaat seperti membiasakan masyarakat untuk hidup rukun, jiwa nasionalisme yang tinggi, lebih menghargai perbedaan karakter antar anggota masyarakat, dan lebih menyadari perbedaan agar cinta tanah air.

Selain itu, keberagaman juga akan memberikan manfaat di lingkungan keluarga. Salah satu contohnya adalah saling memahami dan melengkapi setiap kekurangan yang ada dalam keluarga, memahami arti berbagi antar anggota keluarga, dan membuat keberagaman menjadi sesuatu yang harus dihargai antar sesama.

Itulah tiga manfaat keberagaman di lingkungan keluarga dan beberapa lingkungan lainnya yang bisa Detikers pahami. Semoga tulisan ini memberi manfaat dan bisa membantu, ya.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com