Setiap tahun United Nations Sustainable Development Solutions Network menerbitkan daftar negara paling bahagia di dunia lewat World Happiness Report (WHR). WHR mulai dirilis pada 20 Maret 2013 sejak Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Kebahagiaan Internasional pada Sidang Umum PBB Juni 2012.

Laporan ini merupakan hasil survei tentang keadaan kebahagiaan global yang memeringkat 137 negara berdasarkan seberapa bahagia warganya memandang diri mereka sendiri.

Enam variabel kunci yang diukur oleh laporan tersebut adalah pendapatan (PDB per kapita), dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan untuk menentukan pilihan hidup, kedermawanan, dan kebebasan dari korupsi.

Lantas, negara mana yang paling bahagia berdasarkan World Happiness Report 2023 dan apa saja faktor yang memengaruhinya? Yuk, detikers simak informasinya yang mengutip dari laman IFL Science.

Pandemi dan Kebahagiaan Dunia

Laporan kebahagiaan dunia yang baru-baru ini dirilis menarik perhatian banyak orang. Pasalnya, ini merupakan laporan pertama terkait kebahagiaan global yang dirilis setelah pandemi COVID-19.

Ternyata, melalui laporan tersebut diketahui selama tiga tahun terakhir kematian dan kepenatan yang dialami penduduk tidak mempengaruhi tingkat kebahagiaan global secara signifikan. Beberapa matriks kebahagiaan tetap stabil bahkan meningkat selama pandemi.

Laporan tersebut juga menunjukkan terjadi lonjakan terkait kemurahan hati pada tahun 2020 dan khususnya tahun 2021. Bahkan pada tahun 2022 tren tersebut tetap bertahan bahkan kegiatan pro-sosial lebih tinggi tingkatannya dibandingkan pada pra-pandemi.

Profesor John F. Helliwell dari Universitas British Columbia yang merupakan editor WHR mengungkapkan kebahagiaan rata-rata dan peringkat negaranya untuk emosi maupun penilaian kehidupan sangat stabil selama tiga tahun pandemi.

Ia juga mengungkapkan perubahan dalam peringkat yang terjadi telah menjadi kelanjutan dari tren jangka panjang.

Misalnya terlihat dalam negara Baltik meskipun mengalami kesulitan selama bertahun-tahun akibat pandemi emosi positif dan dukungan sosial positif lebih besar dua kali lipat dibandingkan dengan emosi negatif dan rasa kesepian.

Peneliti menilai kebahagiaan global berdasarkan enam faktor yaitu, dukungan sosial, penghasilan, kesehatan, kebebasan, kemurahan hati, dan ketiadaan korupsi.

Mereka juga melacak dua ukuran kesedihan yang berpusat pada bagian populasi yang memiliki evaluasi kehidupan rendah dan penilaian kehidupan rendah.

Profesor Lara B. Aknin, Direktur Helping and Happiness Lab di Universitas Simon Fraser, mengungkapkan dalam laporan berbagai bentuk kebaikan sehari-hari, seperti membantu orang asing, menyumbang untuk amal, dan menjadi relawan, berada di atas level sebelum pandemi.

Ternyata tindakan kebaikan tersebut terbukti dapat memimpin dan juga muncul dari kebahagiaan yang lebih besar. Nah, detikers untuk itu jangan lupa untuk berbuat baik ya!

Peringkat Kebahagiaan Dunia

Berikut merupakan 20 negara yang paling bahagia di dunia:

1. Finlandia
2. Denmark
3. Islandia
4. Israel
5. Belanda
6. Swedia
7. Norwegia
8. Swiss
9. Luksemburg
10. Selandia Baru
11. Austria
12. Australia
13. Kanada
14. Irlandia
15. Amerika Serikat
16. Jerman
17. Belgia
18. Republik Ceko
19. Inggris
20. Lithuania

Indonesia Peringkat Berapa?

Menurut laporan tersebut, Finlandia memimpin peringkat negara paling bahagia di dunia selama enam tahun berturut-turut.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia berada di urutan ke-84 negara paling bahagia dari total 137 negara dengan skor 5.277.

Peringkat Indonesia berada di bawah sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura di urutan ke-25, Malaysia ke-55, Thailand ke-60, Vietnam ke-65, dan Filipina ke-76.

Sedangkan negara yang menduduki peringkat negara paling tidak bahagia adalah Afghanistan dan Lebanon.

Editor: HER

Sumber: detikedu