Chelsea lolos ke perempat final Liga Champions usai menang 2-0 atas Borussia Dortmund pada leg kedua babak 16 besar di Stamford Bridge, Rabu (8/3/2023) dini hari WIB.

Raheem Sterling memiliki kesempatan mencetak gol pada menit kedua setelah tinggal berhadapan dengan kiper. Akan tetapi Sterling terlambat dalam membuat keputusan sehingga peluang gol itu hilang.

Pada menit keenam tendangan Joao Felix dari jarak dekat diblok kiper Alexander Meyer.

Tendangan kaki kanan Kai Havertz dari dalam kotak penalti pada menit kedelapan saat dibayangi Emre Can menyamping di sisi kanan.

Keppa membuat penyelamatan gemilang saat menggagalkan peluang gol Dortmund lewat tendangan bebas Marco Reus dari luar kotak penalti.

Chelsea hampir unggul 1-0 pada menit ke-28 jika tendangan kaki kiri Kai Havertz dari dalam kotak penalti tidak membantur tiang kiri. Setelah membentur tiang kiri, bola bergerak ke sisi kanan, namun tidak masuk ke gawang.

Sterling membawa Chelsea unggul 1-0 pada menit ke-43. Pada percobaan pertama Sterling gagal memanfaatkan umpan tarik Ben Chilwell karena tendangannya gagal mengenai bola dengan sempurna.

Tetap bola yang membentur Marco Reus itu bisa dikuasai Sterling kembali. Usai sekali menggiring bola, Sterling bisa membobol gawang Dortmund dengan tembakan kaki kanan.

Pada menit ke-48 wasit memberikan penalti kepada Chelsea setelah melihat VAR. Tendangan Ben Chilwell dianggap mengenai tangan Marius Wolf.

Akan tetapi eksekusi tendangan kaki kiri Havertz gagal setelah bola membentur tiang kiri.

Wasit mengulang penalti Chelsea itu lantaran VAR menunjukkan sebelum Havertz menendang bola, pemain Chelsea dan Dortmund sudah masuk kotak penalti.

Percobaan kedua dari Havertz pada menit ke-53 berhasil. Tendangan Havertz ke sisi kiri mengecoh Meyer yang bergerak ke kanan.

Jude Bellingham membuang peluang emas Dortmund memperkecil ketinggalan. Tendangan Bellingham di depan gawang Chelsea pada menit ke-59 masih melebar ke kanan.

Kepa Arrizabalaga membuat penyelamatan penting pada menit ke-65 dengan menepis tendangan kaki kanan Marius Wolf dari dalam kotak penalti.

Conor Gallagher hampir menambah keunggulan Chelsea jadi 3-0 pada menit ke-76. Akan tetapi gol itu dianulir lantaran Sterling lebih dahulu offside.

Chelsea dan Dortmund saling serang pada menit-menit akhir permainan, tetapi tidak ada tambahan gol tercipta. Chelsea menang 2-0 atas Dortmund. Chelsea lolos ke perempat final usai menang agregat 2-1.

Benfica Hajar Brugge

Pada pertandingan lain Benfica menang telak 5-1 atas Club Grugge di Da Luz. Kemenangan tersebut mengantarkan Benfica lolos ke perempat final Liga Champions.

Gol-gol kemenangan Benfica dicetak Goncalo Ramos yang mencetak dua gol, sedangkan tiga tambahan gol lain datang dari Silva, Joao Mario, dan Davi Neres.

Brugge hanya bisa mencetak satu gol balasan melalui Meijer. Hasil tersebut membuat Benfica menang agregat 7-1 atas Brugge.

Susunan Pemain Chelsea vs Dortmund:

Chelsea: Kepa, James, Koulibaly, Fofana, Cucurella, Chilwell, Kovacic, Enzo, Sterling, Joao Felix, Havertz.

Dortmund: Meyer, Wolf, Sule, Schlotterbeck, Guerreiro, Can, Ozcan, Brandt, Bellingham, Reus, Haller.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia