Sayuran dan buah-buahan wajib disantap demi kesehatan. Namun hati-hati ada sayuran asam urat yang sebaiknya tak dimakan terlalu banyak biar kadar asam urat enggak langsung meroket.

Jika Anda sudah punya masalah asam urat, sebaiknya hindari beberapa sayuran yang bisa menyebabkan asam urat.

Penderita asam urat wajib menghindari sayuran yang tinggi purin. Tubuh akan memecah purin menjadi asam urat dan dikeluarkan dari tubuh lewat urine.

Berikut sayuran asam urat yang sebaiknya dihindari:

1. Jamur

Jamur memang termasuk sayuran yang mudah diolah jadi berbagai makanan. Namun nyatanya jamur jadi salah satu sayuran tinggi purin.

Setidaknya ada sekitar 58 miligram purin dalam setiap 100 gram jamur.

2. Brokoli

Brokoli dianggap sebagai sayuran yang kaya nutrisi. Namun, buat penderita asam urat, brokoli justru berbahaya. Seperti dikutip dari Stylecraze, tiap 100 gram brokoli mengandung 81 miligram purin.

3. Bayam

Sayuran hijau termasuk bayam, dalam 100 gram bayam terkandung sebanyak 57 miligram purin. Hal ini tentu bisa memicu penumpukan asam urat dalam darah.

4. Kapri

Kacang kapri mengandung vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang. Namun, sayuran ini berbahaya untuk asam urat sebab dalam 100 gram kacang kapri mengandung 84 miligram purin.

5. Kembang kol

Kembang kol juga termasuk sayuran asam urat. Dalam studi yang dirilis jurnal Nucleosides Nucleotides Nucleic Acids, sebanyak 100 gram kembang kol mentah mengandung 42,6 miligram purin. Sedangkan dalam 100 gram kembang kol yang sudah dipanaskan mengandung 43,2 miligram purin.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia