Ditlantas Polda Kepulauan Riau (Kepri) mengidentifikasi 23 titik kemacetan di malam pergantian tahun 2023 mendatang. Untuk itu, pihaknya mengaku saat ini telah menyiapkan antisipasi dan rekayasa arus lalu lintas.

Dirlantas Polda Kepri, Kombes Pol Tri Yulianto menyampaikan bersama TNI dan seluruh stakeholder terkait operasi lilin 2022 secara terstruktur telah selesai disusun dan akan segera dijalankan.

“Disini kita mengantisipasi apabila terjadi kepadatan arus lalu lintas yang ada di wilayah Kepri. Telah di di identifikasi ada 23 titik kepadatan yang perlu di waspada dan antisipasi,” paparnya, Selasa (27/12/2022).

Beberapa lokasi yang menjadi konsentrasi pada Operasi Lilin 2022 ini, diantaranya Simpang jam lurus menuju arah Ocarina akses jalan bundaran Madani menuju One Batam Mall dan Pasir Ris akan di tutup dan dijaga personil di lapangan.

Dari arah Kepri Mall menuju Masjid Raya akses masuk akan ditutup dan di jaga personil di depan simpang Global dan Graha Pena untuk diarahkan ke Greenland.

Lalu dari simpang hotel Kaliban menuju Masjid Raya akses masuk akan di tutup dan dijaga di depan kantor Samsat.

“Selanjutnya diarahkan kembali melalui u turn depan kantor Disperindag,” lanjutnya.

Tahapan pertama mulai pukul 19.00 WIB – 21.00 WIB apabila arus lalu lintas diberlalukan normal, tahapan kedua dimulai pukul 21.00 WIB – 23.00 WIB apabila sudah di dapati kepadatan arus, maka diberlakukan buka tutup tergantung pada titik padat.

Kemudian sebagai antisipasi terjadinya aksi balap liar di Batamcenter akses di tutup mulai pukul 23.00 WIB, yaitu akses masuk dari dobra seruni akan di tutup dan hanya di perbolehkan oleh warga setempat yang tidak terindikasi balap liar.

Selanjutnya untuk daerah lainnya seperti Harbour Bay, dan bundaran Tembesi Sagulung diberlakukan normal. Namun untuk antisipasi adanya kecelakaan lalu lintas akan di tempatkan satu unit mobil patroli yang mobile dan penempatan personil di lapangan.

Editor: WIL