Ilustrasi. Penyanyi BCL menerima perilaku body shaming lantaran perutnya yang terlihat membuncit. iStockphoto/Slphotography)

Belum lama ini, penyanyi Bunga Citra Lestari atau yang dikenal dengan panggilan BCL sempat menerima perilaku body shaming oleh netizen. Ia sempat diduga hamil buntut dari perutnya yang terlihat membuncit.

Body shaming atau celaan fisik adalah tindakan mengatakan sesuatu yang negatif mengenai tubuh seseorang. Celaan ini bisa tentang tubuh Anda sendiri ataupun orang lain.

Komentar negatif tersebut bisa tentang berat badan, usia, rambut, pakaian, makanan, atau tingkat daya tarik seseorang.

Body shaming dapat menyebabkan masalah kesehatan mental termasuk gangguan makan, depresi, kecemasan, harga diri rendah, dan dismorfia tubuh, serta perasaan membenci tubuhnya sendiri secara umum.

Perilaku body shaming paling sering dilontarkan mengenai ukuran tubuh. Namun, komentar negatif tentang setiap aspek tubuh seseorang tetap dianggap sebagai body shaming.

Berikut berbagai bentuk body shaming, sebagaimana salah satunya dialami oleh BCL, melansir Very Well Mind.

1. Berat badan

Salah satu bentuk body shaming yang paling sering dialami adalah bentuk tubuh akibat berat badan tertentu. Beberapa orang mengalami body shaming karena disebut terlalu gendut maupun terlalu kurus.

2. Bulu tubuh

Rambut yang tumbuh di lengan, kaki, area pribadi, dan ketiak kerap menjadi bahan omongan orang lain. Terlebih banyak yang memiliki gagasan bahwa wanita tidak seharusnya memiliki banyak bulu pada tubuhnya. Padahal, itu adalah hal yang normal.

Contoh body shaming bulu tubuh adalah menyebut seorang wanita dengan bulu ketiak sebagai ‘binatang’ atau memberi tahu seorang wanita bahwa dia perlu mencukur bulunya.

3. Penampilan

Ilustrasi. Mengkritik penampilan seseorang juga jadi salah satu bentuk body shaming. (iStockphoto)

Intimidasi atau diskriminasi terhadap penampilan seseorang adalah sesuatu yang kini umum terjadi. Bahkan, banyak yang diintimidasi karena dianggap jelek dan tidak menarik secara fisik. Hal ini pun juga termasuk dalam salah satu bentuk body shaming.

4. Komentar soal makanan

Tak jauh berbeda dengan bentuk body shaming berat badan, food shaming pada dasarnya adalah komentar berupa sindiran dari seseorang terkait kualitas, kalori, lemak, atau karbohidrat yang terkandung dalam makanan yang dimakan orang lain.

Bentuk food shaming juga termasuk mengamati dan mengomentari porsi makan seseorang.

5. Pakaian

Salah satu contoh body shaming dalam bentuk pakaian adalah pada saat pakaian ketat dikatakan hanya boleh dikenakan oleh orang dengan bentuk tubuh yang ‘sesuai’.

6. Diskriminasi usia

Dikenal dengan sebutan ageism, diskriminasi usia bisa menjadi salah satu body shaming. Hal ini terjadi saat seseorang mempermalukan usia atau mendiskriminasi seseorang karena usianya.

Diskriminasi usia paling sering dialami pada orang tua. Membuat komentar negatif tentang kerutan atau kulit kendur seseorang adalah bentuk lain dari body shaming.

7. Rambut

Banyak orang yang menganggap rambut ideal adalah rambut lurus yang halus dan berkilau. Hal itu membuat rambut ikal, kusut, atau tekstur rambut lainnya dianggap kurang menarik.

Bentuk body shaming ini menyiratkan bahwa rambut seseorang berada di luar apa yang dianggap normal. Tak hanya itu, orang yang mengalami kebotakan juga kerap jadi bahan komentar orang lain.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia