Ilustrasi. Seorang warga negara Indonesia tewas akibat ditembak di Westmoreland di Pennsylvania, Amerika Serikat. (iStockphoto)

Seorang warga negara Indonesia (WNI) tewas akibat ditembak di Westmoreland di Pennsylvania, Amerika Serikat.

“Mengenai kasus di Westmoreland County itu memang WNI,” kata seorang staf Konsulat Jenderal RI di New York, Oki Yanuar, Kamis (10/11/2022).

Oki kemudian menjelaskan penembakan itu terjadi pada Sabtu (5/11) pukul 07.20 malam waktu setempat.

Menurut kepolisian setempat, aksi itu merupakan penembakan yang direncanakan atau ditargetkan, bukan sembarangan.

“Keterangan polisi yang menyebutkan bahwa kejadian ini isolated and targeted gitu. Jadi bukan random,” kata Oki.

Dia juga mengatakan saat ini jenazah sedang dalam proses untuk repatriasi. Menurut Oki, jenazah korban bisa tiba pada Minggu atau Senin depan.

“Masih proses. Mudah-mudahan dalam waktu dekat. Kita masih koordinasi terus dengan keluarga. Jadi setelah kejadian, Pak Konjen sudah langsung mengunjungi keluarga dan pihak otoritas setempat juga sudah kita komunikasikan untuk segera repatriasi,” ucapnya.

Sebelumnya, CBS News melaporkan seorang tersangka ditahan setelah menembak seorang pria di kawasan pusat perbelanjaan di Westmoreland County, Pennsylvania, pada akhir pekan lalu.

Penembakan itu terjadi di luar toko Lowe’s Home Improvement di pusat perbelanjaan The Rostraver Square.

Kejaksaan Distrik Westmoreland County kemudian menyatakan telah menahan satu orang tersangka dalam kasus tersebut. Berdasarkan penyelidikan, serangan itu merupakan serangan yang telah ditargetkan.

“Penyelidikan menunjukkan ini adalah serangan yang terisolasi dan ditargetkan pada korban,” demikian pernyataan kantor kejaksaan yang dikutip CBS News.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia