Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/hsyncoban)

Seringkali orang membeli kopi di kafe karena terlihat lebih enak. Namun, daripada mengeluarkan biaya lebih, ada 5 cara mudah untuk mengubah kopi menjadi seenak buatan kafe.

Kopi yang dibeli di kafe mungkin terlihat lebih menggiurkan. Racikan yang tepat ditambah dengan warna dan aroma kopi yang kuat membuat banyak orang memilih untuk membelinya.

Tetapi, biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak jika membeli kopi setiap hari di kafe. Sebenarnya, kamu bisa mengubah kopi sederhana menjadi kopi ala kafe di rumah.

Tak perlu banyak bahan dan biaya lebih, yang dibutuhkan hanya teknik yang tepat sehingga minuman rumahan itu bisa sama nikmatnya dengan yang disajikan di kafe.

Jika ingin membuat secangkir kopi sempurna di rumah namun dengan sentuhan seperti kopi di kafe, cobalah 5 tips jenius ini yang dirangkum dari Times of India (31/10).

1. Pakai Kopi Giling yang Segar

Rasa nikmat pada kopi bisa dipengaruhi oleh biji kopi itu sendiri. Pastikan untuk menggunakan biji kopi utuh yang digiling dengan cara yang tepat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Songsak Paname

Beberapa orang yang membuat kopi sendiri di rumah mungkin lebih memilih untuk menggunakan kopi instan. Semisal mereka punya mesin kopi pun, kopi yang dihasilkan tidak akan sepekat kopi yang digunakan di kafe.

Untuk mengubahnya menjadi senikmat kopi di kafe, coba gunakan biji kopi utuh yang digiling dengan konsistensi yang tepat.

Dengan menggiling sendiri biji kopi yang segar, kamu juga bisa menghindari konsumsi kopi yang telah terpapar oksigen, kelembapan, dan faktor lain yang menurunkan kualitasnya.

Bagian terbaik dari menggiling kopi sendiri yaitu akan ada aroma dan rasa yang kuat dari secangkir kopi buatanmu.

2. Kualitas Air dan Suhu yang Tepat

Penggunaan air yang tepat juga mampu mempengaruhi kualitas dan rasa kopi. Foto: Getty Images/iStockphoto/hsyncoban

Jika ingin membuat kopi rumahan seperti kopi ala kafe, perhatikan juga teknik penyeduhannya. Air memainkan peran besar dalam menciptakan rasa kopi. Jika air yang digunakan rasanya tidak enak dan punya bau yang aneh, itu akan mempengaruhi rasa dari kopi.

Cara terbaik yaitu dengan menggunakan air murni atau air bersih terbaik yang kamu miliki. Sementara, jika ingin mengekstrak rasa kopi, air seduhan harus berapa pada suhu optimal yaitu sekitar 92-95 derajat Celcius.

Karena menurut beberapa pengalaman banyak orang, jika kopi diseduh di bawah suhu didih, tidak akan muncul keasaman yang tepat. Sebaliknya, jika diseduh pada suhu optimal, itu akan mengeluarkan rasa manis dan kompleksitas yang tepat.

3. Pakai Alat Seduh yang Bersih

Beberapa orang mungkin memiliki alat sedih kopinya sendiri di rumah. Jika sering digunakan, jangan lupa untuk sering-sering dibersihkan juga. Foto: iStock

Membersihkan mesin kopi secara teratur akan mendatangkan banyak manfaat, termasuk dalam meningkatkan rasa kopi.

Beberapa mesin kopi memiliki bagian yang jika tidak rutin dibersihkan, akan banyak sisa kopi menempel. Itulah yang akan mempengaruhi rasa dalam proses pembuatan kopi. Kopi bisa berubah menjadi asam, pahit, bahkan ada rasa seperti logam.

Jangan biarkan mesin kopi dalam keadaan seperti itu. Akan lebih baik untuk dibersihkan setiap malam untuk membantu mengatur penumpukan.

4. Menjaga Kopi Agar Tetap Segar

Jika punya simpanan biji kopi, jangan lupa untuk menaruhnya di tempat tertutup. Karena cara penyimpanan yang salah mampu memperngaruhi kualitas kopi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Songsak Paname

Jika punya banyak biji kopi di rumah, jangan simpan biji itu sembarangan. Selalu simpan biji kopi yang sudah dibuka dalam wadah kedap udara.

Stoples kaca atau wadah keramik dengan segel karet menjadi pilihan yang sangat tepat. Jangan pernah membiarkan biji kopi yang telah dipanggang dibiarkan di ruang terbuka. Ini karena, biji tersebut berpori dan mudah menjadi lembab.

5. Gunakan Timbangan untuk Mengukur Biji Kopi

Salah satu rahasia mengapa kopi di kafe lebih enak yaitu karena mereka sudah menimbang kopi dan bahan lain secara detail. Foto: Getty Images/iStockphoto

Timbangan juga menjadi penting untuk menghasilkan rasa kopi yang enak. Timbangan bermanfaat untuk mengukur bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kopi. Itulah salah satu rahasia mengapa kopi di kafe jauh lebih enak.

Timbangan ini digunakan untuk menjaga rasio antara jumlah kopi yang digunakan dengan jumlah air. Ketepatan yang ditawarkan oleh timbangan bukan hanya meningkatkan rasa dan keseimbangan kopi, tetapi juga membantu memastikan kamu mendapatkan secangkir kopi yang konsisten setiap hari.

Editor: HER

Sumber: detikfood