Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto saat Duta Besar Amerika Serikat (AS) Sun Y. Kim dan Kanada, Nadia Burger mengunjungi KEK Batam Aero Technic (BAT), KEK Nongsa Digital Park (NDP) dan PT. Sat Nusa Persada, Batam, Jumat (4/11/2022).

Hadir juga dalam kesempatan ini Walikota Batam M Rudi. Sementara rombongan Menko Perekonomian ikut Dubes RI Singapura Suryopratomo dan SesMenko Perekomonian Susiwijono Moegiarso.

Di Batam Aero Technic, rombongan meninjau kegiatan maintenance, repair dan overhaul di hanggar Lion Air. Dilanjutkan ke Nongsa Digital Park, kawasan yang dikembangkan untuk berbagai kegiatan yang antara lain mencakup riset, ekonomi digital, dan pengembangan teknologi serta pariwisata, pendidikan, dan industri kreatif.

Sedangkan di PT Satnusa Persada, rombongan ini juga menyaksikan produksi berbagai merek smartphone seperti Asus, Xiaomi, Huawei, Honor, dan Nokia.

Menko Perekonomian Airlangga mengatakan, sudah banyak progres dari BAT dan kapasitas maintenancenya juga turut meningkat.

“Kita membutuhkan kerjasama dengan investor terkait engine maintenance karena kapasitasnya sangat tinggi. Saat ini BAT memiliki 600 engine sekarang engine tersebut di repair di singapura, China serta di beberapa negara Eropa,” jelasnya.

Nongsa Digital Park juga telah banyak perkembangan diantaranya sudah ada persiapan pembangunan data center yang telah ada beberapa ninvestor yang tertarik serta NPM juga terus berkomitmen melahirkan digital talent di wilayah ini dengan pembukaan kampus merdeka yang pembelajaran seputar hybrid, cloud academy.

“Begitu juga dengan PT. Sat Nusa Persada, kita terus dukung agar menjadi perusahaan bisa bersaing di kancah internasional,” ujarnya.

“Bersama BP Batam dan Pemprov Kepri kita terus dorong investor untuk berinvestasi. Kita punya talenta lokal, lokasi yang strategis serta sumber daya energi yang mencukupi serta berbagai fasilitas lainnya. Jadi, menjelang pertemuan G-20 di Bali kita ajak Dubes Amerika dan Kanada kesini untuk melihat peluang kerjasama yang baru itu,” pungkas Menko Airlangga.

Editor: HER