Kabar baik bagi para Pencari Kerja (Pencaker) di Kota Batam, Kepulauan Riau dimana pada Oktober mendatang, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batam akan membuka bursa kerja.

Kepala Disnaker Kota Batam, Rudi Sakyakirti menyebutkan dalam perjalanannya, bursa kerja yang dimaksud akan menggandeng berbagai perusahaan yang ada di Batam.

“Untuk pelaksanaan paling lambat akhir Oktober atau November. Kita akan bekerjasama dengan berbagai perusahaan di Batam,” terangnya, Kamis (25/8/2022).

Saat ini pihaknya mengaku masih tahap konsolidasi dengan beberapa perusahaan, terutama Perusahaan Pemodal Asing (PMA).

Untuk itu, pihak ya belum dapat memberikan data mengenai target tenaga kerja yang akan dibutuhkan.

“Untuk target tenaga kerja yang akan diserap masih dalam penghitungan. Kami berharap bisa sampai ribuan,” lanjutnya.

Berdasarkan data Disnaker Batam, sejak Januari hingga Agustus 2022, tercatat jumlah pencari kerja di Kota Batam mencapai 13.021 orang.

Jumlah ini berdasarkan permohonan Kartu Kuning AK1, mulai dari lulusan pendidikan SD, SMP sampai dengan S2.

“Hingga pertengahan tahun ini pencaker baik yang ngurus di Kecamatan maupun di kantor Disnaker totalnya 13.021 orang,” ungkapnya.

Dari puluhan ribu pencaker ini, hampir sebagian besar merupakan pencaker yang memiliki ijasah Sekolah Menengah Atas (SMA), dan belum memiliki keterampilan khusus.

Disinggung mengenai hal ini, Rudi mengutarakan bahwa pihaknya akan segera memfungsikan Balai Latihan Kerja (BLK), yang hingga saat ini belum dioperasionalkan secara maksimal.

“Bagi pencaker dengan kategori ini, sesuai arahan Pemerintah Pusat. BLK akan dimaksimalkan pada 2024 mendatang,” tuturnya.

Untuk solusi sementara, pihak Disnaker diakuinya aktif memberikan berbagai pelatihan kerja yang dilakukan hingga ke Kecamatan.

Namun, bagi lulusan luar daerah ia mengingatkan dalam mencari kesempatan bekerja di Batam, wajib untuk dibarengi dengan sertifikat pelatihan lokal.

“Solusi saat ini, kita rutin berikan pelatihan kerja, itu pun juga kita sediakan khusus bagi mereka yang punya KTP Batam,” paparnya.

Editor: WIL