Viral pegawai Alfamart diminta meminta maaf setelah menyebarkan video pencurian cokelat yang dilakukan seorang wanita bernama Mariana di Cisauk, Tangerang. Wanita yang diketahui bernama Mariana itu disebut tidak sadar saat memasukkan cokelat ke dalam tasnya.

Dalam pengakuan yang disampaikan kuasa hukumnya, Mariana menyebut, aksi pencurian cokelat itu tidak disadari. Dia bahkan tidak ingat kenapa cokelat itu bisa ada di dalam tasnya.

Aksi pencurian biasanya dilakukan berdasarkan kebutuhan. Tapi, tak jarang juga aksi pencurian dilakukan hanya karena dorongan atau hasrat untuk mengambil barang-barang tertentu milik orang lain.

Aksi pencurian yang dilakukan seseorang bisa berdasarkan kebutuhan. Tapi tidak jarang yang dilakukan hanya karena dorongan atau hasrat untuk mengambil barang-barang tertentu milik orang lain. Hal ini kemudian dikenal dengan sebutan kleptomania.

Apa itu kleptomania?

Melansir Mayo Clinic, kleptomania adalah ketidakmampuan berulang untuk menahan dorongan mencuri barang-barang yang biasanya tidak terlalu dibutuhkan. Barang curian itu pun biasanya bernilai kecil.

Kleptomania juga dikatakan sebagai gangguan kesehatan mental yang langka namun serius.

Kleptomania termasuk dalam gangguan kontrol impuls, yakni gangguan yang ditandai dengan masalah kontrol diri emosional atau perilaku. Tidak sedikit orang dengan kleptomania takut untuk mencari perawatan kesehatan mental.

Apa saja gejala kleptomania?

Karena tergolong dalam kelainan yang bisa diidap seseorang, ada beberapa gejala kleptomania yang tentu bisa disadari. Berikut diantaranya:

1. Ketidakmampuan untuk menahan dorongan mencuri barang yang tidak Anda butuhkan;

2. Merasakan peningkatan ketegangan, kecemasan, atau gairah yang mengarah pada pencurian;

3. Merasakan kesenangan, kelegaan atau kepuasan saat mencuri;

4. Merasa sangat bersalah, menyesal, membenci diri sendiri, malu atau takut ditangkap setelah pencurian;

5. Tidak seperti pengutil pada umumnya, pengidap kleptomania tidak mencuri secara kompulsif untuk keuntungan pribadi. Mereka mencuri hanya karena dorongan itu begitu kuat sehingga mereka tidak bisa menahannya;

6. Kebanyakan penderita kleptomania mencuri dari tempat umum, seperti toko dan supermarket. Beberapa mungkin mencuri dari teman atau kenalan, seperti di pesta;

7. Barang-barang yang dicuri biasanya disimpan, tidak pernah digunakan.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia