Debat dua kandidat Perdana Menteri Inggris, Liz Truss dan Rishi Sunak terhenti gara-gara moderator pingsan, Selasa (26/7).

Beredar video singkat di media sosial, debat kedua kandidat itu di program televisi TalkTV yang tengah berjalan sempat terhenti lantaran host, Kate McCann, tiba-tiba terjatuh dari panggung studio karena pingsan.

Saat itu Truss sedang menyampaikan argumen debat di depan kamera. Beberapa saat setelah mendengar suara keras host yang terjatuh, ekspresi Truss sangat terkejut.

“Oh Tuhan!” Truss spontan teriak sebelum meninggalkan podium debat berjalan ke arah McCann.

Pihak televisi kemudian mengonfirmasi bahwa McCann pingsan di tengah acara debat, seperti dikutip dari AFP.

“Meskipun kondisinya [McCann] baik-baik saja, saran dari pihak medis bahwa kami tak bisa melanjutkan debat [secara on-air],” demikian pernyataan dari pihak TalkTV milik Rupert Murdoch.

Pembawa acara TalkTV yang lain, Ian Collins, yang melanjutkan acara debat itu mengatakan dua kandidat melanjutkan sesi tanya-jawab secara off-air dengan audiens yang kecil.

“Kabar bagus kamu akhirnya pulih,” demikian tulis Sunak dalam akun Twitter, 45 menit setelah insiden itu.

“Debat yang sangat bagus dan saya menanti debat yang akan dipandu kamu lagi,” ia melanjutkan cuitannya.

Sebelumnya, acara bincang politik di televisi itu sempat batal gara-gara editor The Sun, Harry Cole, dinyatakan positif Covid-19.

Insiden moderator pingsan acara debat televisi itu terjadi sehari setelah Sunak dan Truss menjalani acara debat di program BBC.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia