Ilustrasi. Ada beberapa kebiasaan yang bikin payudara cepat kendur. (iStockphoto/2Hot/Brazil)

Cepat atau lambat, payudara wanita akan semakin kendur karena elastisitas kulit yang berkurang. Ditambah lagi dengan beberapa kebiasaan yang bikin payudara kendur kerap dilakukan wanita.

Banyak hal yang memengaruhi elastisitas kulit. Mulai dari menyusui hingga usia yang kian bertambah berkontribusi terhadap hilangnya elastisitas kolagen atau jaringan ikat di bawah kulit yang membuat payudara terlihat kempis.

Kendurnya payudara juga bisa dipicu masalah genetika. Jika orang tua memiliki payudara yang kendur, Anda juga mungkin akan mengalaminya.

Sebuah penelitian di UCLA menemukan bahwa jaringan payudara menua dua hingga tiga tahun lebih cepat daripada bagian tubuh lainnya. Untuk menghindari payudara yang mengendur lebih cepat, Anda perlu menghindari beberapa kebiasaan yang tak disadari.

Kebiasaan yang Bikin Payudara Cepat Kendur

Kebiasaan yang kerap disangka tak berkorelasi justru sebenarnya berkontribusi terhadap kendurnya payudara. Berikut diantaranya, mengutip Women’s Health Magazine.

1. Diet ekstrem

Crash diet merupakan metode diet ekstrem yang memangkas banyak kebutuhan kalori menjadi sangat rendah. Crash diet juga mengakibatkan penurunan berat badan yang sangat cepat dan drastis.

Setiap kali berat badan Anda naik dan langsung turun, jaringan payudara menjadi lebih kendur.

2. Merokok

Ilustrasi. Merokok, salah satu kebiasaan yang bikin payudara cepat kendur. (iStockphoto/sestovic)

Kebiasaan lain yang bikin payudara cepat kendur lainnya adalah merokok. Tak cuma berbahaya untuk kesehatan paru-paru, tapi merokok juga bisa berpengaruh terhadap payudara.

Pada dasarnya, merokok dapat menghambat suplai darah ke permukaan kulit, lalu mengurangi elastisitas alami dan sejumlah kolagen. Maka dari itu, seiring waktu merokok akan membuat payudara kian kendur.

3. Memakai bra yang tidak pas

Untuk mempertahankan kekencangan payudara, Anda harus memakai bra dengan ukuran yang pas dan penyangga yang tepat. Jika Anda memakai bra yang terlalu longgar, payudara akan cepat kendur karena tidak ditahan saat beraktivitas. Kulit payudara akan menjadi stres dan menurunkan kolagen ketika Anda menggunakan bra yang longgar dan tidak pas.

4. Olahraga intensitas tinggi

Walaupun belum banyak penelitian yang membuktikan, beberapa ahli mengatakan bahwa gerakan berulang yang dilakukan saat berlari atau treadmill dapat menyebabkan kerusakan kolagen payudara lebih cepat.

Namun, hal ini dapat dicegah bila Anda menggunakan bra khusus yang mendukung aktivitas selama berolahraga.

5. Tidak menggunakan tabir surya

Mengekspos wajah Anda ke sinar UV tanpa lapisan pelindung tabir surya dapat menyebabkan kerutan dini. Efek yang sama terjadi pada payudara yang membuatnya kendur dengan meregangkan kolagen dan merusak kulit.

Jangan lupa hindari beberapa kebiasaan yang bikin payudara cepat kendur di atas.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia