Foto: Getty Images

Kopi Bisa semakin nikmat dengan tambahan sedikit kayu manis. Selain itu kopi me jadi lebih menyehatkan tubuh.

Banyak varian kopi yang hadir saat ini dicampur dengan berbagai pemanis atau bahan lainnya, salah satunya kayu manis. Mungkin masih sedikit orang yang tahu tentang sensasi dan manfaat penambahan rempah satu ini.

Kayu manis ternyata bisa memberikan rasa manis yang ringan untuk secangkir kopi asam atau pahit. Selain itu kayu manis juga membawa manfaat baik bagi kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol.

Karena itu kayu manis bisa menjadi pilihan cocok untuk dicampur dengan kopi favorit kamu.

Berikut Ini manfaat penambahan kayu manis dalam kopi:

1. Cara Menambahkan Kayu Manis dalam Kopi
Kayu manis juga bisa ditambahkan dengan menabur di atas kopi. Taburan kayu manis bukan hanya menjadi hiasan, tetapi juga bisa memberi rasa unik pada kopi. Foto: Getty Images
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan kayu manis ke dalam kopi. Tak hanya kayu manis bubuk, tetapi kayu manis batangan juga bisa menjadi pilihan tepat.

Jika kamu membuat kopi hitam pekat, pilihan terbaik adalah dengan melarutkan bubuk kayu manis dalam kopi. Bubuk bisa dilarutkan secara terpisah dan ditambah dengan madu atau pemanis lainnya sehingga mampu menambah rasa legit pada kopi.

Namun jika kamu membuat kopi dengan campuran susu, sebaiknya tambahkan bubuk kayu manis itu ke dalam susu agar rasa yang keluar lebih nikmat.

Kayu manis juga bisa ditambahkan dengan menabur di atas kopi. Taburan kayu manis bukan hanya menjadi hiasan, tetapi juga bisa memberi rasa unik pada kopi.

Sementara cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menambahkan batang kayu manis dalam kopi panas. Batang tersebut bisa dijadikan adukan pada kopi yang seiring waktu akan memberikan sensasi rasa manis yang seimbang.

2. Berapa Banyak Kayu Manis yang Harus Ditambahkan?
Tidak ada takaran yang tepat untuk menambahkan kayu manis dalam kopi. Namun umumnya bubuk kayu manis bisa ditambahkan tidak lebih dari seperempat sendok teh. Foto: Getty Images
Tidak ada takaran yang tepat untuk menambahkan kayu manis dalam kopi. Namun umumnya bubuk kayu manis bisa ditambahkan tidak lebih dari seperempat sendok teh.

Mungkin bagi sebagian orang takaran ini tidak cukup, tetapi dari segi kesehatan, jika kayu manis ditambah dalam jumlah berlebih bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Jika kamu bukan penggemar rasa unik rempah, bisa menguranginya sedikit dan menambahkan gula merah agar rasa lebih seimbang. Kamu juga bisa menambahkannya secara bertahap untuk mendapatkan rasa yang pas.

3. Manfaat Kayu Manis dalam Kopi
Kayu manis mampu membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus membantu menyehatkan jantung. Foto: Getty Images
Tambahan kayu manis ini bukan hanya memperkaya rasa kopi, tetapi juga memberikan dampak baik bagi kesehatan.

Kayu manis mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Setelah meminum kopi kayu manis, sensitivitas insulin akan meningkat dan dapat menyebabkan efek yang diinginkan.

Namun perlu diingat, efek ini akan terasa jika kopi tidak ditambah dengan gula atau pemanis apapun.

Kayu manis dalam kopi juga mampu meningkatkan antioksidan. Jika ingin efek antioksidan yang lebih baik, pilihlah biji kopi panggang yang ringan.

Sedikit kayu manis dalam kopi juga mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Tetapi jika mengonsumsi terlalu banyak kafein, ini juga bisa memberi efek sebaliknya karena dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat jantung stres.

Jika ingin mengonsumsi kayu manis dan kopi sebaiknya diperhatikan takaran yang cukup. Karena jika terlalu berlebihan, bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Editor: ARON
Sumber: detikfood