Pembina APSI Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar buka kegiatan Musyawarah Provinsi APSI Kepri IV di Tanjungpinang.

Pembina Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar membuka kegiatan Musyawarah Provinsi atau Musprov APSI IV Kepri 2022 di SMKN 2, Tanjungpinang, Rabu (20/7/2022).

Dewi Ansar mengatakan, pengawas sekolah sebagai salah satu komponen dalam dunia pendidikan yang memiliki posisi strategis. Pengawas sekolah/madrasah mendapatkan peran melalui pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengawal terselenggaranya pendidikan yang bermutu dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional.

“Hal tersebut yang menjadi dasar terbentuknya APSI. Dalam meningkatkan profesionalitas pengawas dengan merapatkan barisan, mempersatukan derap langkah dan bergerak maju bersama-sama menjadi pengawas yang profesional,” kata Dewi Ansar.

Ketua TP-PKK Provinsi Kepri tersebut menambahkan, APSI sebagai organisasi profesi yang merupakan mitra dari pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di Kepri.

“APSI menjadi mitra pemerintah provinsi khususnya Dinas Pendidikan untuk memajukan pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau,” imbuh Dewi Ansar.

Dewi Ansar berharap pengawas sekolah saat ini sudah memiliki kemampuan 4C meliputi Communication competence (kemampuan komunikasi), Critical thinking (berpikir kritis), Creativity (memiliki kreativitas), dan Collaboration (mampu kolaborasi dan bekerja sama).

“Kemampuan 4C ini dapat menjadi teladan untuk para PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan para peserta didik,” ujarnya.

Dewi Ansar juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada penyelenggaran Musprov IV APSI Kepri tahun ini. Musprov ini diharapkan dapat meningkatkan lagi mutu pendidikan di Kepri.

Editor: HER