Anggota DPRD Provinsi Kepri, Sirajudin Nur menggelar “Lomba Jong” di Desa Pauh Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun. Perlombaan yang akan dilangsungkan pada Sabtu (30/7/2022) mendatang ini digelar untuk melestarikan budaya daerah.

Lomba yang mempertandingkan kategori Jong sedang dan Jong kecil ini akan memperebutkan Piala Sirajudin Nur ditambah uang tunai untuk pemenang masing masing kategori. Sirajudin Nur direncanakan hadir membuka langsung Lomba Jong ini.

Jong atau Perahu Jong merupakan permainan tradisional di Kepulauan Riau. Bisanya, permainan ini dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di pesisir (hinterland)

Sepert diketahui, Sirajudin Nur memang memang dikenal aktif menginisiasi kegiatan kebudayaan sejak beliau menjadi anggota DPRD Provinsi Kepri. Salah satu hasil karyanya yang populer adalah Festival Kepri Berkompang Tingkat Internasional yang digelar sejak tahun 2016, 2017 dan 2018.

Bukan itu saja, pria yang akrab disapa Sira ini juga aktif membina lembaga kesenian dan memfasilitasi bantuan sarana prasarana kesenian kepada pegiat seni budaya.

“Sebagai orang daerah, tentu saya senang bisa berkontribusi untuk kemajuan daerah. Kepri kita ini kaya akan khasanah budaya, dan wajib untuk kita lestarikan dan kembangkan. Tahun ini saya laksanakan dua even kebudayaan, Lomba Jong dan Festival Kepri Berkompang di Karimun,” ungkapnya.

Sirajudin Nur berharap, kegiatan seperti ini bisa memberi inspirasi agar lebih banyak lagi masyarakat kita termasuk pemerintah daerah ikut terlibat dalam upaya pelestarian budaya daerah.

“Kebudayaan itu modal dasar dalam membangun daerah,” ujarnya.

Editor: HER