Foto: Istock

Perayaan Idul Adha identik dengan makan daging kurban. Bisa jadi kadar kolesterol meningkat karena ini. Untuk mengatasinya, coba konsumsi buah dan sayur enak ini.

Daging menjadi sumber makanan yang baik bagi tubuh. Daging mengandung protein tinggi, sumber mineral, hingga lemak dan vitamin. Namun tetap saja, jika dikonsumsi secara berlebihan, daging bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya kolesterol.

Daging merah seperti daging sapi maupun kambing cenderung memiliki lemak jenuh tinggi. Konsumsinya perlu dibatasi agar tak membahayakan kesehatan.

Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa makanan kaya akan serat seperti buah dan sayuran yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dirangkum dari beberapa sumber, inilah 7 buah dan sayuran yang ampuh turunkan kolesterol sehabis makan daging.

1. Apel
Apel menjadi buah yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Buah merah ini dikemas dengan berbagai macam nutrisi penting.

Dilansir dari eatthis.com (29/04), Morgyn Clair selaku ahli gizi mengungkapkan bahwa apel sangat tinggi pektin, yaitu serat larut yang mampu mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan. Pektin ini akan membawa kolesterol tersebut ke hati untuk dieliminasi.

2. Alpukat
Buah hijau satu ini kaya akan lemak dan serat tak jenuh yang mampu menurunkan LDL (Low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat. Foto: Getty Images
Alpukat menjadi buah yang padat nutrisi. Buah hijau satu ini kaya akan lemak dan serat tak jenuh yang mampu menurunkan LDL (Low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat, serta meningkatkan HDL ((High-density lipoprotein) baik dalam tubuh.

Dilansir dari healthline.com (26/10/2018), dalam suatu penelitian yang dilakukan pada orang dewasa yang obesitas, ditemukan bahwa mereka dengan kolesterol tinggi yang makan satu alpukat setiap hari mampu menurunkan kadar LDL lebih banyak daripada mereka yang tidak.

Karenanya setelah banyak makan daging, pastikan diimbangi dengan makan buah, salah satunya alpukat.

3. Buah Beri
Buah beri-berian adalah buah terbaik untuk menurunkan kolesterol. Kandungan seratnya yang tinggi dan juga kaya akan antioksidan, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Buah beri seperti stroberi dan blueberi juga mengandung senyawa bioaktif yang mampu mencegah penyakit jantung. Senyawa ini juga akan membantu tubuh dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

4. Semangka
Selain menyegarkan, buah yang mengandung kandungan air tinggi ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Foto: Getty Images
Selain menyegarkan, buah yang mengandung kandungan air tinggi ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Semangka secara alami mengandung likopen, karotenoid yang telah terbukti mampu menangkal radikal bebas sekaligus mencegah peningkatan kadar kolesterol.

Setelah terlalu banyak makan daging, tubuh bisa dinetralkan kembali dengan mengonsumsi buah semangka. Semangka juga bisa dibuat menjadi jus yang segar.

5. Jeruk
Buah oranye ini tak hanya enak, tetapi juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus baik untuk kesehatan jantung.

Jeruk mengandung nutrisi penting yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebuah penelitian observasional telah menunjukkan hubungan antara orang dewasa yang mengonsumsi jeruk memiliki kadar kolesterol LDL lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi.

Untuk mendukung kadar kolesterol sehat, jeruk bisa disajikan sebagai jus atau dimakan utuh.

6. Bayam
Sayuran hijau ini dikemas dengan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengelola kesehatan jantung. Foto: Getty Images
Selain buah, sayuran juga tak kalah penting dalam membantu menurunkan kadar kolesterol. Salah satu sayuran yang ampuh turunkan kolesterol adalah bayam.

Sayuran hijau ini dikemas dengan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengelola kesehatan jantung.

Bayam juga mengandung serat tinggi yang nantinya serat itu akan menempel dengan kolesterol dan dikeluarkan tubuh secara alami untuk menurunkannya.

Sayuran berserat lainnya seperti sawi dan wortel juga bisa menjadi pilihan lain untuk menurunkan kolesterol

7. Brokoli
Brokoli adalah sayuran yang lezat dan penuh nutrisi. Sayuran ini juga mampu menyehatkan jantung sekaligus menjaga kadar kolesterol.

Kadar serat dan vitamin C yang tinggi serta beta-karoten yang dimiliki dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat dalam aliran darah.

Editor: ARON
Sumber: detikfood