Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad mengawali kunjungan kerjanya (kunker) ke Kabupaten Kepulauan Anambas dengan menyerahkan bantuan RT dan RW serta bantuan operasional Posyandu di Balai Pertemuan Desa Tebang, Kecamatan Palmatak, Sabtu (9/7/2022).

Sebanyak 168 RT dan 63 RW di kecamatan Palmatak mendapatkan bantuan intensif yang menjadi rutinitas Gubernur Ansar dalam kunjungannya ke kabupaten dan kota lainnya di Kepri.

Bantuan untuk RT dan RW ini merupakan apresiasi dan penghormatan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau atas kerja keras para ketua RT dan RW yang menjadi ujung tombak pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Menurut Gubernur, melandainya angka Covid-19 di Kepri tak terlepas dari peran RT dan RW yang menggerakkan PPKM mikro di level masyarakat.

“Saya pahami betul bagaimana kerja keras bapak ibu sekalian menjadi pelayan dan pembina masyarakat selama masa pandemi, inilah salah satu bentuk apresiasi dari kami untuk pengabdian RT dan RW,” kata Bupati Bintan dua periode itu.

Dana insentif yang diberikan untuk untuk tahun ini sebesar Rp1.200.000 per RT dan RW.

Meskipun tidak terlalu besar, namun mantan anggota DPR RI itu menjanjikan jika nantinya APBD Provinsi Kepri terus meningkat dan pemulihan ekonomi membaik maka besaran bantuan yang diberikan tentunya akan besar pulak.

“Pemprov Kepri dan Pemkab Anambas sangat membutuhkan kerjasama dan sinergitas dari RT dan RW demi mewujudkan pembangunan Kepri yang semakin pesat,” ungkap Ansar.

Total bantuan yang diberikan untuk Pemkab Anambas adalah Rp905 juta, rinciannya Rp501 juta untuk 418 RT serta Rp213 juta untuk 178 RW. Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan operasional Posyandu sebesar Rp190 juta untuk 38 Posyandu yang masing-masing menerima bantuan Rp5 juta.

Posyandu, kata Ansar, harus mendapatkan perhatian khusus karena menjadi garda terdepan dalam penanganan stunting dan kesehatan ibu dan anak.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Anambas Abdul Haris mengucapkan rasa terima kasihnya mewakili RT dan RW atas perhatian yang diberikan Gubernur Ansar.

Abdul Haris yakin perhatian dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk mereka akan membuat semangat RT dan RW semakin melejit untuk mengabdi pada masyarakat.

“Kami sangat bersyukur karena Pemprov Kepri mau memberikan perhatian untuk RT dan RW di Anambas, bantuan dari bapak Gubernur Kepri ini sebaiknya dimanfaatkan untuk kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Abdul Haris.

Setelah Palmatak, rombongan Gubernur Kepri menuju Tarempa untuk menyerahkan bantuan serupa kepada 198 RT dan 84 RW di Gedung BPMS.

Gubernur Ansar juga turut memberikan bantuan operasional transportasi laut siswa SMA Negeri 1 Siantan Timur melalui Kepala Dinas Pendidikan Anambas.

Selain itu, Gubernur Ansar juga menyerahkan hadiah untuk Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) terbaik di Anambas. Mereka adalah BUM Des Mandiri Sejahtera Piasan, BUM Des Tujuh Kunci, BUM Des Putik Sejahtera.

Ikut mendampingi Gubernur Ansar dalam kunjungan kerja ini Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Kepala Disdukcapil dan Pmd Provinsi Kepri Misni, Kepala Diskominfo Provinsi Kepri Hasan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Andi Agung, dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kepri Dody Sepka.

Editor: RIKASWIN